BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Event · 16 Agu 2019 14:15 WIB ·

Sosialisasi Nama Global Initiative Program 2019 dan Penandatanganan Kontrak Kerjasama Program


 Sosialisasi Nama Global Initiative Program 2019 dan Penandatanganan Kontrak Kerjasama Program Perbesar

NAMA Integrated Center for Excellence (NICE Indonesia) berdiri pada tanggal 29 Januari 2018 sebagai inisiatif dari NAMA Foundation bersama Wafaa Indonesia Gemilang. NICE Indonesia sebagai sebuah institusi social enterprise yang bergerak untuk peningkatan kapasitas dalam bidang pendidikan dan third sector. Misi NICE adalah untuk memperkuat masyarakat dan organisasi melalui pengembangan kapasitas dalam pengelolaan dana, penciptaan program yang berdampak kuat, serta layanan pengembangan manusia untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

NAMA Global Initiative merupakan sebuah program pengembangan kapasitas dan pendampingan lembaga yang diinisiasi oleh NAMA Foundation bagi Sekolah dan NGO di 4 Negara yakni Indonesia, Kirgystan, Tanzania dan Lebanon. Program ini dirancang sebagai bentuk dukungan dan kontribusi NAMA Foundation selama 5 tahun kedepan terhadap proses peningkatan kualitas lembaga pendidikan dan NGO sebagai sektor yang sangat penting dalam menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan aktivitas pembangunan sosial-budaya yang lebih baik di masing-masing negara.
Dalam pelaksanaannya, NAMA Foundation berkolaborasi dengan NICE Indonesia selaku lembaga yang diberi amanat melaksanakan program sekaligus sebagai representasi NAMA Foundation di Indonesia. NICE Indonesia bersama associate akan berkolaborasi bersama mensukseskan kegiatan yang sangat baik ini untuk mendukung peningkatan kualitas lembaga-lembaga di sektor Pendidikan dan NGO di Indonesia.

NAMA Global Initiative Program 2019 yang difokuskan untuk meningkatkan kapasitas NGO:

Count Me In (CMI)

Program ini difokuskan untuk menjawab tantangan organisasi masyarakat sipil atau Lembaga swadaya masyarakat dalam mengelola relawannya. Materi yang akan diberikan melalui program ini yakni tentang  pengelolaan relawan berdasarkan teori dan  praktik terbaik, mengatasi hambatan dan membangun kesolidan tim relawan yang kuat,  serta mempelajari strategi untuk merencanakan,  mengembangkan, mengevaluasi dan menjalin  hubungan untuk melibatkan semua pihak yang  berkepentingan. 

PRIME

PRIME merupakan salah satu program NICE Indonesia yang berfokus pada peningkatan kemampuan organisasi masyarakat sipil dalam mendesain, merencanakan, melakukan, dan monitoring keberlangsungan program atau proyek.Program ini hadir untuk membantu organisasi sosial memiliki kemampuan dalam mengelola program atau proyek dari hulu ke hilir yang mumpuni. Diharapkan dengan pengetahuan, skill, dan tools yang dilatihkan dalam PRIME, apapun inisiatif program yang diberikan kepada masyarakat mampu memunculkan dampak yang kuat dan berkelanjutan.

CSO MANAGE

MANAGE bertujuan untuk mendukung organisasi masyarakat sipil dalam meningkatkan sistem dan kapasitas organisasi untuk memungkinkan organisasi menjalankan visi dan misi dengan cara yang berkualitas dan berkelanjutan. Program ini memfasilitasi organisasi yang berpartisipasi untuk mengoperasionalkan, dan mengimplementasikan rencana strategis melalui aktivitas pelatihan dan pendampingan yang akan diberikan.

Community Leaders Program (CLP)

CLP adalah program pengembangan kapasitas untuk para pemimpin dan manager CSO yang memiliki minat dan semangat dalam mengubah situasi di komunitas mereka. CLP memberi motivasi, perubahan perspektif dan perubahan mental tentang pentingnya peran individu dalam perubahan sosial. Kemudian menciptakan antusiasme, ide, dan inovasi menjadi usaha sosial yang dapat memberikan dampak sosial terhadap masalah komunitas, dan pada saat yang sama juga dapat menghasilkan keuntungan bisnis sehingga CSO/Organisasi yang dikelola dapat bertahan dalam jangka panjang.

Bentuk kegiatan yang diberikan kepada CSO terpilih yakni:

1.
Workshop

Selama durasi program, CSO terpilih akan mendapatkan pembekalan berupa pelatihan atau workshop, diantaranya:
Workshop Voluntary Management (4 hari)
Workshop Leadership, Community initiatives and Social Enterprise (4-5 hari)
Workshop Business Planning and Development (4-5 hari)
Workshop Strategic Planning (4 hari)
Workshop Project Management (4 hari)
Exam certification PMD Pro
Materi disampaikan langsung oleh NICE Associate yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya.

Pendampingan

Aktivitas pendampingan berupa:
Visitasi
Kegiatan kunjungan langsung dari NICE Consultant dan merupakan bagian dari monitoring implementasi program pasca pelatihan.
Konsultasi
Forum diskusi online atau offline antara NICE Consultant dan penerima manfaat program yang bertujuan untuk membantu penerima manfaat mengoptimalkan target capaian program.

Berikut nama-nama penerima manfaat NAMA Global Initiative Program untuk peningkatan kapasitas CSO:

Yayasan Munashoroh Indonesia
Yayasan Sekolah Relawan
Yayasan Dreamdelion Indonesia
Yayasan Lembaga Dakwah dan Taklim
Yayasan Gema Insani
Yayasan Akselerasi Islami Siswa Indonesia
Yayasan Gerak Bareng
Yayasan Bina Nurul Fikri – Rumah Kepemimpinan
Yayasan Al-Fityan
Yayasan bina Ukhuwah
Yayasan Aly An-Nuamiy
Yayasan Pendidikan Rahmany

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ingin Melek Literasi, Santri Khairul Bariyyah Ikuti Pelatihan Jurnalistik

23 Januari 2024 - 11:15 WIB

Cagar Foundation & Rumah Autis Berikan Bekal Ilmu Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM Disabilitas

3 Oktober 2023 - 19:09 WIB

Lestarikan Budaya, Sinar Cendekia Gelar Pekan Batik Hingga Aneka Lomba

3 Oktober 2023 - 16:28 WIB

30 Pelaku UMKM Ikuti Workshop Kewirausahaan UKM Kota Bekasi

12 Juli 2023 - 16:18 WIB

Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah Kembali Gelar Kejuaraan Renang antar Pelajar

26 Juni 2023 - 19:07 WIB

Kota Bekasi Akan Kirim 35 Atlet Disabilitas di Peparpelda Jawa Barat

27 Mei 2023 - 14:25 WIB

Trending di Berita Terbaru