BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 23 Mar 2019 WIB ·

Puspa Anissa: Dongeng Tingkatkan Intelegensi dan Intelektual Anak


 Puspa Anissa: Dongeng Tingkatkan Intelegensi dan Intelektual Anak Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Pendongeng nasional ‘Sahabat Odi’, Puspa Anissa menyatakan dongeng sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kecerdasan otak anak. Hal itu ia katakan di sela-sela acara pelatihan dongeng di SDIT Mentari Ilmu, Waras, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Sabtu (23/3/2019).

Lulusan Analis Kimia, Padang, yang saat ini sedang menempuh studi Fakultas Psikologis, Universitas Mercu Buana, Jakarta ini meyakini dongeng juga mampu meningkatkan intelegensi anak.

“Dengan mendengar dongeng/cerita edukasi yang selalu diceritakan ibu/ayahnya mampu meningkatkan inteligensi dan intelektual anak. Anak belajar dari apa yang dia dengar, ibu adalah orang yang paling sering ia dengar suaranya, ibu berperan aktif dalam perkembangan anaknya, menjadi model awal yang ditiru oleh anak,” imbuhnya.

Anak yang selalu diberikan cerita edukasi dengan pembawaan yang menarik, membuat anak tertarik untuk selalu menantikan waktu ayah dan ibunya bercerita untuknya.

Menurut wanita berusia 24 tahun berdarah Sumatera Barat ini, kecerdasan anak sering kali dikaitkan dengan pendidikan yang tinggi, sekolah yang terakreditasi, orangtua yang pintar dan makanan dengan gizi yang seimbang.

Tapi tidak kalah menarik untuk diketahui bahwa bercerita atau mendongeng juga mampu menjadi penunjang untuk membangun dan meningkatkan kecerdasan anak.

“Awal perkembangan seorang anak selalu belajar dari apa yang dia dengar dan apa yang dia lihat, dari hal itulah persepsi anak muncul dan berkembang menjadi habit dan membentuk sifat serta perilaku anak,” tambahnya.

Beberapa manfaat lainnya dari mendengarkan cerita bagi anak adalah meningkatkan daya tangkap. Karena setiap bercerita anak dibawa untuk berimajinasi, membuat anak terlatih untuk membaca sehingga mampu meningkatkan pembendaharaan kata pada anak.

Selain itu mendengarkan cerita akan memacu anak aktif dalam mencari dan menemukan serta memecahkan hal – hal yang baru ditemui, meningkatkan rasa ingin tahu pada diri anak untuk selalu berusaha mencari dan terus mencari tahu tentang kebenaran suatu ilmu, sehingga anak menjadi mudah beradaptasi dengan lingkungan dan mampu memilah pergaulan, benar dan salah.

“Anak juga mampu menciptakan komunikasi yang baik menciptakan kedekatan serta kepercayaan anak terhadap ibu/ayahnya. Dan masih banyak lagi hal positif dari membiasakan membacakan cerita/dongeng pada anak,” jelas Puspa kemudian.

Pupsa menilai, dengan melihat begitu banyaknya hal positif dengan dibiasakannya memberi cerita kepada anak sejak dini, tentulah dapat menjadi perhatian, acuan dan teknik bagi para orangtua dalam mendidik anak. Dan untuk lebih menarik lagi, orang tua (ibu/ayah) mampu menyuguhkan cerita dengan semenarik mungkin menggunakan media dongeng yang asyik. Sehingga anak tertarik untuk mendengarkan. (Dns)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akan Digelar Di Taman Kota, Ketua Umum Qur’anic Relationship Ajak Pemuda Bekasi Mengaji

28 Maret 2024 - 23:54 WIB

Rian Nopandra kembali pimpin ketua PWI Banten periode 2024-2029

28 Maret 2024 - 08:52 WIB

Kecewa atas Pelaksanaan Pemilu 2024 yang Tidak Transparan DPRD Akan Panggil Ketua KPU dan Bawaslu

26 Maret 2024 - 17:54 WIB

Anis Byarwati Tegaskan Kerjasama Dengan Dewan Kota Jakarta Untuk Kemaslahatan Masyarakat

25 Maret 2024 - 15:54 WIB

Sodikin: Pemkot Bekasi Harus Berani Beli Lahan Untuk Pembangunan Gedung Sekolah Di Jatirahayu

24 Maret 2024 - 18:09 WIB

Pengamat Politik Unsoed Prediksi Partai Koalisi Pilpres yang Berseberangan Potensi Berkoalisi di Pilbup Banyumas

22 Maret 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita Terbaru