BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 12 Feb 2019 05:09 WIB ·

Ratusan Siswa SMA/SMK Ikuti Pelatihan Motivasi Mental Block Release


 Ratusan Siswa SMA/SMK Ikuti Pelatihan Motivasi Mental Block Release Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Pelatihan motivasi dan mental block release (MBR) sangat bermanfaat untuk mempersiapkan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional (UN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mengapa? Karena para siswa SMA/SMK kelas 12 bisa dikatakan menghadapi dua kali kondisi stress di akhir masa studinya. Pertama, karena harus lulus dengan nilai yang baik dan kedua harus lolos seleksi masuk PTN.

Berdasarkan kekhawatiran akan tingkat stress berlebih sehingga menggangu psikis siswa, Trend Indonesia mengadakan kegiatan Pelatihan Mental Block Release (MBR) di aula Gameel Akhlaq, Bekasi pada Ahad (10/2/2019). Pelatihan yang diikuti ratusan siswa SMA/SMK itu berlangsung meriah dengan pembicara Asep Arwin Kotsara (Direktur Trend Indonesia), Adhika Dirgantara (wirausahawan muda) serta Sapto Waluyo yang memberi sambutan selaku Pembina Trend Indonesia.

Sapto memaparkan perlunya mempelajari riwayat hidup (life history) tokoh-tokoh yang sukses dalam berbagai profesi. Misalnya, Bill Gates dan Steve Job yang lahir pada tahun sama, 1955. Tapi keduanya berasal keluarga berbeda, Bill anak keluarga mapan yang memiliki komputer generasi pertama, sementara Steve anak keluarga berantakan yang sempat masuk panti asuhan dan akhirnya diadopsi keluarga lain. “Kedua tokoh itu sukses membangun perusahaan besar Microsoft dan Apple karena bersikap mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Bukan tipe anak manja,” ujar Sapto, yang pernah menjadi wartawan Majalah Gatra dan mendirikan Jaringan Media Profetik (JMP).

Kunci kesuksesan yang ditampilkan berbagai tokoh inspratif, kata Sapto adalah motivasi yang kuat dan sikap disiplin dalam mewujudkan cita-cita atau rencana hidup. Sapto bereksperimen langsung sebagai mentor kelas jurnalistik di Rumah Kepemimpinan (dahulu PPSDMS Nurul Fikri).

Sedikitnya, ada tiga tokoh muda alumni Rumah Kepemimpinan yang merintis karir membanggakan Indonesia, yakni Ahmad Zaki (pendiri Bukalapak), Gibran Huzaifah (E-Fishery) dan Andreas Sanjaya (Badr Interactive yang menginisiasi iGrow). Selain itu, tokoh lebih muda, Isfahani Ghiyats (Mahasiswa STT Nurul Fikri) yang pernah menjuarai kompetisi IT tingkat nasional melalui aplikasi antivirusnya.

Apa itu Mental Block Release?

Pelatihan yang diadakan secara gratis itu menghadirkan pakar MBR, Asep Arwin Kotsara. Mental Block Release (MBR) Training merupakan metode menstimulasi pikiran bawah sadar seperti pesimis, kurang percaya diri, egois, atau galau agar lebih positif menjadi percaya diri, optimis dan semangat mengejar cita-cita.

Coach MBR, Asep Arwin sendiri menamatkan kuliah pascasarjana di Jepang dan sudah memberikan pelatihan lebih lima tahun kepada ribuan pelajar. “Dengan mengikuti pelatihan ini siswa bisa lebih semangat mengejar cita-cita di masa akan datang. Kegagalan atau kesuksesan dalam hal apapun tergantung dari pikiran dan doa yang kita lantunkan,” ujar Asep Arwin selaku CEO Trend Indonesia.

KULIAH ATAU KERJA?

Siswa yang masih bimbang antara kuliah atau kerja pasca sekolah juga mendapat bimbingan. Memilih dunia kerja perlu edukasi dan informasi. Karena itu, pelatihan menghadirkan langsung pengusaha muda, Adhika Dirgantara.

Jika kita menyerah saat ini akan berpengaruh pada masa depan. Siswa yang bisa menahan godaan kehidupannya (main game, kongkow dll) akan lebih sukses. Itulah fungsi willpower (kemampuan bertindak),” ujar Adhika, Co Founder TDA Bekasi yang bertahun-tahun bisnis batik, sejak usia remaja.

Motivasi kita, kita Adhika, bisa dilatih dan kuncinya bulatkan tekad ketika memutuskan sesuatu, putuskan dengan cepat karena terlalu lama memikirkan akan mengurangi kemampuan kita.

Manfaat MBR bagi Siswa

Siswi SMA Syarif Hidayatulloh, Widi Sufiaty peserta MBR merasakan langsung dampak positif mengikuti MBR Training.

“Alhamdulillah setelah diterapi saya menjadi lebih positif, terasa happy dan bersemangat. Semoga coach Asep Arwin selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dunia akhirat,” ungkap Widi dalam akun medsosnya.

Selain Widi, masih banyak lagi testimoni peserta yang menunjukkan berbagai prestasi pasca pelatihan.

MBR Training terus diadakan di beberapa SMA/SMK di Bekasi, Jakarta dan sekitarnya. Trend Indonesia juga diundang ke beberapa daerah di Indonesia untuk menebar manfaat bagi pelajar harapan bangsa. []

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terpilih Lagi, Evi Mafriningsianti Komitmen Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Di Dapil 1

19 April 2024 - 06:16 WIB

Jelang Idul Fitri Anis Byarwati Bagikan Paket Sembako dan Bingkisan Lebaran Untuk Masyarakat Jakarta Timur

18 April 2024 - 12:20 WIB

Diyanto Bangga Jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:28 WIB

Peserta ini Akui Tidak Ada Diskriminasi Pelayanan Bagi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:23 WIB

Masuk di Usia Senja, Giyem Merasa Tenang jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:18 WIB

Kesan Pertama Berobat Menggunakan Program JKN Begitu Memuaskan

17 April 2024 - 16:13 WIB

Trending di Berita Terbaru