BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 27 Des 2018 04:14 WIB ·

Drainase Vertikal, Solusi Anies Baswedan Untuk Mengurangi Banjir


 Drainase Vertikal, Solusi Anies Baswedan Untuk Mengurangi Banjir Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Drainase Vertikal menjadi solusi yang ditawarkan Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi banjir. Menurutnya masalah banjir Jakarta harus dibereskan dari hulu hingga hilir.

“Bila kita bicara hulu maka ada dua, hulu yang di atas Jakarta seperti Bogor dan hulu yang ada di atas rumah kita. Di hulu Bogor kita bisa membangun bendungan, lalu bagaimana dengan hulu yang ada di atas rumah kita?” Hal ini diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun facebooknya, Kamis (27/12/2018) pagi.

Menurutnya saat ini, drainase yang ada memakai pola horizontal. Dimana limpasan air hujan dari atap dan air dari Bogor masuk ke saluran dan sungai yang dibeton, dialirkan secepatnya ke laut tanpa sempat terserap ke dalam tanah, hanya 13% yang terserap ke tanah.

“Sementara setiap tahun pada musim kemarau banyak area di Jakarta yang mengalami krisis air bersih. Tanpa disadari Kita selama ini telah menyia-nyiakan air hujan yang bisa menjadi cadangan air bersih,” katanya.
Gubernur yang pada awalnya hanya diusung oleh PKS dan Gerindra ini mengatakan Pemprov DKI telah memulai program pengelolaan air hujan yang diberi nama drainase vertikal.

“Agar air hujan dapat ditampung, meresap ke dalam tanah dan mengurangi limpasan air dari rumah ke saluran air dan sungai (zero run off),” imbuhnya.

Dengan sistem ini dapat mengurangi volume air di saluran/ sungai sekaligus menjadi tabungan, cadangan air tanah di Jakarta. Hingga saat ini Pemprov DKI telah membuat drainase vertikal di 6500 titik yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Hal ini masih jauh dari cukup karena idealnya kota sebesar Jakarta membutuhkan sekitar 1,8 juta drainase vertikal.

Anies Baswedan mengajak warganya untuk membuat sendiri drainase vertikal di rumahnya masing-masing. Selain di Jakarta, model drainase vertikal seperti ini cocok pula dibuat di kota-kota besar lainnya, seperti wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Bagaimana caranya? Simak video berikut.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jelang Idul Fitri Anis Byarwati Bagikan Paket Sembako dan Bingkisan Lebaran Untuk Masyarakat Jakarta Timur

18 April 2024 - 12:20 WIB

Diyanto Bangga Jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:28 WIB

Peserta ini Akui Tidak Ada Diskriminasi Pelayanan Bagi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:23 WIB

Masuk di Usia Senja, Giyem Merasa Tenang jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:18 WIB

Kesan Pertama Berobat Menggunakan Program JKN Begitu Memuaskan

17 April 2024 - 16:13 WIB

Biaya Berobat Mahal, Awang : Yuk Yang Belum Terdaftar Cepat Mendaftar Program JKN

17 April 2024 - 16:07 WIB

Trending di Berita Terbaru