BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 11 Jul 2018 07:53 WIB ·

PPDB Online Tahap Kedua Tingkat SMP Kota Bekasi Dibuka


 PPDB Online Tahap Kedua Tingkat SMP Kota Bekasi Dibuka Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Rabu, (10/7/2018), Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahap kedua tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bekasi dibuka.

Pendaftaran PPDB online tahap kedua ini, hanya dikhususkan untuk jalur zonasi yang dimulai pada 10 Juli 2018 pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB hingga 12 Juli 2018 pukul 16.00 WIB.

Pembukaan pendaftaran PPDB Online tahap kedua ini disebabkan terdapat bangku kosong saat pendaftaraan tahap satu. “siswa yang telah lolos tidak melakukan daftar ulang atau tidak lapor diri, sehingga gugur dan menjadi bangku kosong,” terang Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatulah saat ditemui di Asrama Haji Kota bekasi, Selasa (10/7/2018).

Dijelaskan Inay, bahwa tahap kedua ini sekitar 1900 kursi tersedia dari total kuota 14.934 kapasitas penerimaan siswa tingkat SMP yang tersedia di Kota Bekasi.

Pola yang dilakukan sama seperti pada tahap satu, hanya saja siswa dibantu melalui penambahan skor untuk jalur zonasi jenjang SMP apabila calon siswa berdomisili satu RW dengan sekolah dan irisannya diberikan tambahan skor 240, untuk calon siswa baru berdomisili satu Kelurahan dengan sekolah diberikan tambahan skor 180, sedangkan calon siswa baru berdomisili satu kecamatan dengan sekolah diberikan tambahan skor 150.

Pengumuman pendaftaran akan berlangsung pada 12 Juli 2018 mendatang, setelah itu pada tanggal 13 – 14 Juli 2018 peserta didik yang lolos diwajibkan lapor diri.

Lanjut inay, setelah tahap kedua tidak ada lagi tahap berikutnya, dan jika masih terdapat bangku kosong, maka akan dibiarkan kosong dan tidak diisi karena pada tanggal 16 juli 2018 siswa sudah masuk sekolah.

Dengan penerimaan peserta didik baru di Kota Bekasi untuk SMP Negeri tahun 2018 ini sebanyak 14.934. Dimana Penerimaan dibagi menjadi beberapa jalur diantaranya jalur umum dalam kota 24 persen, umum luar kota 5 persen, jalur zonasi sebanyak 40 persen, jalur afirmasi (siswa miskin) 25 persen, dan jalur prestasi 1 persen, serta jalur jalur maslahat guru atau khusus anak guru sebanyak 5 persen.

Secara keseluruhan, proses PPDB online tahun ini berjalan dengan baik dan jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita siapkan operator dari Disdik, dari Disdukcapil ,dari Dinsos untuk memudahkan orangtua dalam melakukan verifikasi data kependudukan.

“Bagi masih ada orangtua yang belum menguasai teknologi, pihak operator sekolah kami siapkan untuk membantu mendaftarkan dan memantau,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Bekasi yang juga sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Bekasi, Samsu menjelaskan pelaksanaan PPDB Online di Kota Bekasi tahun ini sudah dirasa sangat baik mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaksanaan.

Diterangkan Samsu, untuk tahap perencanaan dari mulai penyusunan Juknis, kordinasi dengan Perangkat Daerah, sosialisasi PPBD hingga penyiapan-penyiapan perangakat layanan disekolah sudah baik. Tidak ada gangguan jaringan internet, semua berjalan dengan lancar baik dari hari pertama hingga hari ketiga.

Dirinya menjelaskan apabila ada orangtua atau siswa yang datang ke sekolah langsung, lebih kepada ingin tahu sekolah yang akan ditujunya. ” jadi rata-rata sudah memahami proses pendaftaaraan Online” katanya. Namun pihak sekolah tetap menyediakan fasilitas dan operator untuk membantu mendaftarkan.

Dengan pelaksanaan PPDB Online tahun ini yang sudah berjalan dengan baik dan lancar merupakan Komitmen yang dilakukan Pemkot Bekasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bekasi. Dengan begitu kualitas pendidikan Kota Bekasi akan semakin maju, tandasnya.(*)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terpilih Lagi, Evi Mafriningsianti Komitmen Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Di Dapil 1

19 April 2024 - 06:16 WIB

Jelang Idul Fitri Anis Byarwati Bagikan Paket Sembako dan Bingkisan Lebaran Untuk Masyarakat Jakarta Timur

18 April 2024 - 12:20 WIB

Diyanto Bangga Jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:28 WIB

Peserta ini Akui Tidak Ada Diskriminasi Pelayanan Bagi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:23 WIB

Masuk di Usia Senja, Giyem Merasa Tenang jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:18 WIB

Kesan Pertama Berobat Menggunakan Program JKN Begitu Memuaskan

17 April 2024 - 16:13 WIB

Trending di Berita Terbaru