BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 8 Jun 2018 WIB ·

Peran Penting Manajemen Pendidikan


 Peran Penting Manajemen Pendidikan Perbesar

oleh Dr. Diyah Yuli Sugiarti
(Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana, Unisma, Bekasi)

Tak ada bidang yang tidak membutuhkan manajemen. Manajemen adalah serangkaian aktivitas yang melibatkan orang lain dalam pengelolaan organisasi/lembaga untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisiensi. Aktivitas manajemen ini telah merasuk ke setiap sendi kehidupan. Karena pada hakikatnya kehidupan itu terdiri dari unsur 1) aktivitas, 2) manusia dan 3) menuju tujuan, dan manejemen itu mengelola ketiga unsur tersebut.

Awalnya manajemen berkembang dalam bidang ekonomi. Keberhasilan manajemen dalam perannya mencapai tujuan yang efektif dan efisiensi telah membawa keberhasilan yang luar biasa dalam bisnis. Maka kemudian manajemen ditransformasi ke dalam bidang lain tak terkecuali pendidikan.

Manajemen pendidikan adalah proses perencanaan. Pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan dan pengontrolan dalam dunia pendidikan sehingga tujuan yang ditetapkan akan dapat tercapai secara efektif dan efisensi.
Saat ini langkah pendidikan Indonesia belum sepenuhnya memahami manajemen pendidikan.

Pengelolaan pendidikan yang tidak menerapkan manajemen sulit mencapai tujuan yang diharapkan. Bahkan muncul permasalahan dalam pengelolaan pendidikan. Sesungguhnya permasalahan Rendahnya mutu pendidikan yang saat di mata dunia akibat dari lemahnya manajemen pendidikan.

Sesungguhnya implementasi manajemen terhadap pengelolaan pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Karena manajemen pendidikan akan mengarahkan efektivitas (ketepatan waktu) dan efisiensi (penghematan biaya) di segala aspek pendidikan yaitu: 1) kurikulum, 2) Peserta didik, 3) sarana Prasarana, 4) Pendidik dan tenaga kependidikan, 5) Keuangan, 6) proses, 7, pengelolaan, 8) penilaian, 9) lulusan dan faktor lainnya.

Manajemen pendidikan dengan fungsi perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan dan pengontrolan juga akan mengantarkan ketercapaian program yang dicanangkan dalam pendidikan. Misalnya program 9 tahun wajib belajar. Tanpa manajemen pendidikan ini akan berjalan lambat bahkan mungkin akan sulit upaya pencapaiannya.
Manajemen pendidikan juga akan mengarahkan sekolah untuk menuju peningkatan atau pengembangan menuju perubahan yang lebih baik.

Orientasi ini akan sulit terwujud bila tanpa manajemen pendidikan.
Bukanlah sesuatu hal yang berlebihan kalau kemudian dikatakan manajemen adalah faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan. Dan organisasi/lembaga pendidikan yang menerapkan sistem manajemen yang baik dipandang sebagai suatu keunggulan.

***

Artikel ini telah dibaca 119 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akan Digelar Di Taman Kota, Ketua Umum Qur’anic Relationship Ajak Pemuda Bekasi Mengaji

28 Maret 2024 - 23:54 WIB

Rian Nopandra kembali pimpin ketua PWI Banten periode 2024-2029

28 Maret 2024 - 08:52 WIB

Kecewa atas Pelaksanaan Pemilu 2024 yang Tidak Transparan DPRD Akan Panggil Ketua KPU dan Bawaslu

26 Maret 2024 - 17:54 WIB

Anis Byarwati Tegaskan Kerjasama Dengan Dewan Kota Jakarta Untuk Kemaslahatan Masyarakat

25 Maret 2024 - 15:54 WIB

Sodikin: Pemkot Bekasi Harus Berani Beli Lahan Untuk Pembangunan Gedung Sekolah Di Jatirahayu

24 Maret 2024 - 18:09 WIB

Pengamat Politik Unsoed Prediksi Partai Koalisi Pilpres yang Berseberangan Potensi Berkoalisi di Pilbup Banyumas

22 Maret 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita Terbaru