BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 18 Sep 2016 WIB ·

Setelah 55 Tahun, Aher Bawa Kembali PON Ke Jawa Barat


 Setelah 55 Tahun, Aher Bawa Kembali PON Ke Jawa Barat Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Setelah 55 tahun, Provinsi Jawa Barat kembali dipercaya untuk menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Pesta olahraga antarprovinsi se-nusantara ini diresmikan secara langsung oleh Presisen RI Joko Widodo di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung pada Sabtu malam (17/9/16).
Jawa Barat pertama kali menggelar PON tahun 1961 lalu, tepatnya pada PON V yang digelar pada 23 September – 1 Oktober 1961 dan berhasil keluar sebagai juara umum. Untuk itu, pada PON XIX Tahun 2016 ini Jawa Barat bertekad untuk kembali meraih tahta juara umum PON yang keempat kalinya. Tekad ini pun digaungkan dalam Sukses Prestasi “Jabar Kahiji”, yaitu Jabar Juara Pertama atau juara umum PON, salah satu dari catur atau empat sukes yang dicanangkan diantaranya Sukses Penyelenggaraan, Sukses Ekonomi Kerakyatan, dan Sukses Administrasi.
Tak hanya itu, Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan bahwa pihaknya ingin dengan adanya PON dapat memberikan makna dan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya bagi perkembangan dunia olahraga Jawa Barat serta kebangkitan olahraga nasional.
“Ada makna dan manfaat yang ingin diraih bagi kemajuan bangsa dan negara. Manfaat awal yakni dimilikinya aset yang luar biasa yaitu sarana dan prasarana olahraga yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota,” ungkap Aher dalam sambutannya.
Salah satunya, saat ini Jawa Barat memiliki empat stadion berstandar internasional yaitu Stadion GBLA di Kota Bandung, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi, serta Stadion Patriot di Kota Bekasi. Selain itu, ada juga Lapangan Pacuan Kuda bertaraf internasional di Kabupaten Pangandaran serta berbagai kompleks olahraga seperti Sarana Olahraga (Sor) Arcamanik di Kota Bandung dan Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.
PON juga diharapkan bisa mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan, sehingga akan memiliki dampak berkelanjutan pada dunia bisnis, industri, perdagangan, dan pariwisata di Jawa Barat. Sementara makna yang ingin diraih, Aher menambahkan bahwa hal tersebut tercermin dalam tema PON XIX/2016 Jabar “Berjaya di Tanah Legenda”.
“Hal ini mencerminkan motivasi, semangat, cita-cita dan harapan bahwa penyelenggaraan PON 19 Tahun 2016 akan jadi momentum yang sangat berharga untuk memacu kejayaan prestasi olahraga Indonesia,” tambah Aher.
Presiden Jokowi pun dalam sambutannya ingin PON menjadi momentum yang baik untuk membangkitkan dunia olahraga nasional. Menurut Jokowi pengembangan dunia olahraga nasional harus dimulai dari desa atau kampung-kampung hingga ke kota, sehingga akan menghasilkan bibit olahragawan nasional yang diharapkan.
“Sebagai ajang pembinaan olahraga, PON adalah momentum untuk menggalakkan gerakan nasional kompetisi olahraga yang dimulai dari kampung-kampung, desa-desa, kecamatan, kabupaten hingga kota dan seluruh provinsi yang ada di Indonesia,” tutur Jokowi.
Selain itu, PON juga bisa dijadikan ajang untuk meningkatkan kemampuan dan seleksi para atlet yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia di ajang Sea Games 2017 di Malaysia serta Asian games 2018 di Indonesia.
PON XIX/2016 di Jawa Barat digelar 17-29 September 2016 di 16 kabupaten/kota dengan 44 cabang olahraga dan 756 nomor pertandingan yang tersebar di 62 venue pertandingan. PON kali ini memperebutkan 2.492 medali, terdiri dari 756 medali emas, 756 perak, dan 980 medali perunggu.
Sementara SDM yang terlibat tidak kurang dari 24 ribu orang yang terdiri dari 9.299 atlet, 4.460 official, 10.231 panitia pelaksana, dan 14.498 relawan – belum termasuk mereka yang terlibat dalam 12 cabang olahraga eksibisi di 11 kabupaten/kota di Jawa Barat. (*/eas)
 
 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akan Digelar Di Taman Kota, Ketua Umum Qur’anic Relationship Ajak Pemuda Bekasi Mengaji

28 Maret 2024 - 23:54 WIB

Rian Nopandra kembali pimpin ketua PWI Banten periode 2024-2029

28 Maret 2024 - 08:52 WIB

Kecewa atas Pelaksanaan Pemilu 2024 yang Tidak Transparan DPRD Akan Panggil Ketua KPU dan Bawaslu

26 Maret 2024 - 17:54 WIB

Anis Byarwati Tegaskan Kerjasama Dengan Dewan Kota Jakarta Untuk Kemaslahatan Masyarakat

25 Maret 2024 - 15:54 WIB

Sodikin: Pemkot Bekasi Harus Berani Beli Lahan Untuk Pembangunan Gedung Sekolah Di Jatirahayu

24 Maret 2024 - 18:09 WIB

Pengamat Politik Unsoed Prediksi Partai Koalisi Pilpres yang Berseberangan Potensi Berkoalisi di Pilbup Banyumas

22 Maret 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita Terbaru