Saat Pasutri Tak Bisa Berkomunikasi dengan Baik

Ingat waktu pacaran atau PDKT dulu? Berkomunikasi sangat mudah. Namun, kenyataan di lapangan berbicara lain, saya sebagai Terapis & Konsultan Keluarga banyak menemukan pasangan suami istri (pasutri) yang sudah mengarungi pernikahan di atas 10 tahun justru mengalami kesulitan berkomunikasi. 

Padahal, logikanya, semakin lama pernikahan seseorang, komunikasi harus lebih lancar dengan pasangannya, betul apa betul? Kenapa bisa terjadi? Apa yang salah? 

Komunikasi ternyata bisa membuat permasalahan rumah tangga semakin rumit, karena ide-ide atau gagasan dan atau pesan-pesan yang disampaikan tidak jelas, kurang lengkap dan sebagainya. Marah-marah, suara keras juga terkadang membuat buruknya proses komunikasi yang tengah dijalin, karena caranya tidak membuat hati nyaman.

Suami atau istri yang bicara lebih dominan, menguasai pembicaraan, Bicara saja tak didengarkan belum lagi suka memotong pembicaraan pasangan.

Oke mari coba kita telaah lagi pemahaman tentang komunikasi berikut tips komunikasi:

1). Komunikasi adalah penyampaian informasi berupa ide atau pesan atau gagasan dari satu pihak ke pihak yang lain secara bergantian. Ide atau pesan atau gagasan ini terkadang bahkan sering tidak tersampaikan dengan baik. Ada saja hambatannya, tidak detail, tidak lengkap, dan sebagainya, istilah kerennya noise. Jadi ide atau gagasan atau pesan harus jelas dan lengkap, agar tidak salah pengertian.

2). Perhatikan “penyampaian informasi”, jadi diperlukan”. Cara (how) yang tepat dan sesuai selain dari informasi yang bagus (what). Karena apabila caranya tidak tepat dan tidak sesuai, informasi sebagus apapun tidak akan tersampaikan dengan baik, malah bisa merusak komunikasinya.

3). Manusia pada dasarnya suka berbicara daripada mendengar, kalaupun mendengar, yang disukai adalah mendengar tentang dirinya (egois). Dalam berkomunikasi, selain keahlian bisa “berbicara” untuk penyampaian informasinya, harus diingat juga bahwa keahlian “mendengar” untuk memahami informasi yang didapat. 

Nah, sudah paham belum? Yuk coba praktikkan, ya! Dan lihat apa yang terjadi pada pernikahan Anda?

Penulis:
Kang Iman – Konsultan & Terapi Keluarga, Klinik Aromata Smile House Bandung, Info layanan hub. 0822 4066 6891 / 0822 1744 1162

Be the first to comment on "Saat Pasutri Tak Bisa Berkomunikasi dengan Baik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*