Hot Topics

Anjangsana ke Mustikajaya, Kwarcab Kota Bekasi: Perkuat Karakter dengan Pramuka!

BEKASIMEDIA.COM – Atraksi Semaphore dan tarian dari Pramuka Penggalang SMPN 10 Kota Bekasi mewarnai kemeriahan penyambutan Anjangsana Andalan Kwartir Cabang Kota Bekasi di Kwartir Ranting Mustikajaya pada 3 Maret 2018. Kunjungan ini merupakan program kerja Kwarcab yang bertujuan untuk silaturrahmi dan pembinaan bagi Kwartir ranting dan Gugus depan di wilayah 3 (Mustikajaya, Rawalumbu, Bantar Gebang dan Bekasi Timur), bertempat di Aula Kecamatan Mustikajaya.

Dalam sambutannya, wakil ketua Kwarcab Kota Bekasi bidang Abdimas, Humas dan Kominfo, Abdillah Hamta, mengatakan tugas pokok dan fungsi majelis pembimbing (Mabi) baik dari unsur Mabigus, Mabilur dan Mabiran adalah memberikan bantuan secara moril, materil, finansial dan bimbingan organisasi.

Ia juga berpesan untuk selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan sesuai dengan tema pertemuan ini yakni dengan melalui pembinaan Kwartir dan Gudep, “kita perkuat pendidikan karakter gerakan pramuka sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Acara ini dilanjutkan dengan sosialisasi akreditasi Gudep yang disampaikan oleh pengurus Kwarcab Kota Bekasi, Yana Suptiana.

“Akreditasi Gudep ini bertujuan untuk mewujudkan Gudep yang memenuhi standar mutu sesuai yang ditetapkan Kwartir Nasional dan juga memotivasi Gudep untuk terus melakukan perbaikan dalam pembinaan,” jelasnya.

Adapun komponen yang akan diakreditasi mencakup data keanggotaan, standar administrasi Gudep, standar pengelolaan Gudep, standar kompetensi pembina, standar kegiatan Gudep, standar pencapaian SKU, SKK dan SPG, standar sarana prasarana, pengalaman pembina mengikuti kegiatan pada bidang pendidikan, sosial dan keagamaan, serta penghargaan dan prestasi.

“Bagi Gudep yang akan akreditasi, silahkan daftar di website resmi Kwarnas www.pramuka.or.id untuk melakukan pendaftaran dan akan ada visitasi dari kwarcab. Nanti Gudep mempersiapkan unsur-unsur standar akreditasinya dengan baik”, harapnya.

Lia Z.A

Be the first to comment on "Anjangsana ke Mustikajaya, Kwarcab Kota Bekasi: Perkuat Karakter dengan Pramuka!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*