Rumah Pohon Ukhuwah Launching Kebun Sayur Smart (For Dhuafa)

BEKASIMEDIA.COM – Kegiatan pelatihan perdana Hiharaponik dan Launching Kebun Sayur Smart (for dhuafa) Rumah Pohon Ukhuwah bertempat di dua lokasi berbeda, yaitu Etalase Rumah Pohon Ukhuwah Bekasi Timur dan di Kebun Wisata Rumah Pohon Ukhuwah, Pondok Gede. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Rumah Pohon Ukhuwah di bawah bimbingan Ukhuwah Care Indonesia. Kegiatan yang berlangsung pada hari Ahad 21 Januari 2018 tersebut memiliki 3 acara inti, yaitu launching buku Hiharaponik, launching Kebun Sayur Smart (for dhuafa), dan launching menu lele khas kota Bekasi.

Sekitar 50 orang hadir dalam pelatihan perdana Hiharaponik dan Launching Kebun Sayur Smart (for dhuafa) Rumah Pohon Ukhuwah, yang berasal dari 12 kecamatan di kota Bekasi. Setiap kecamatan kemudian diwakilkan oleh kurang lebih 4 orang peserta pelatihan. Hal ini dimaksudkan, seluruh peserta yang hadir nantinya dapat menyebarkan dan mengimplementasikan ilmu yang didapatnya di kecamatan yang ia tempati..

Pada acara pertama, Launching Buku Hiharaponik, di langsungkan di Etalase Rumah Pohon Ukhuwah. Buku Hiharaponik sendiri merupakan sebuah buku yang berisi teknik bertanam dengan sistem Hiharaponik. Sistem Hiharaponik merupakan sebuah teknik bertanam yang menggabungkan sistem hidroponik dan sistem haraponik. Keunggulan sistem ini, pertama; tidak menggunakan lahan, kedua; penggunaan air yang sedikit, ketiga; tidak memerlukan regulasi penyiraman yang merepotkan, keempat; dapat menjadi produksi massal.

Pada acara kedua, Launching Kebun Sayur Smart (for dhuafa). Acara ini dilakukan di Kebun Wisata Rumah Pohon Ukhuwah. Launching Kebun Sayur Smart (for dhuafa) merupakan proses penyerahan Kebun Sayur Smart (for dhuafa) dari pihak Rumah Pohon Ukhuwah kepada 4 orang penerima manfaat. Keempat orang penerima manfaat tersebut terlebih dahulu sudah diseleksi oleh Rumah Pohon Ukhuwah yang termasuk dalam kategori dhuafa.
Selanjutnya pada acara terakhir, Launching menu lele khas kota Bekasi di Kebun Wisata Rumah Pohon Ukhuwah. Pada lauching menu lele, terdapat 3 menu yang diperkenalkan, lele geprek, sate lele, dan pucung lele. Keunikan pada menu lele khas kota Bekasi ialah penggunaan lele yang berukuran besar atau dikenal dengan lele gagal panen. Penggunaan lele berukuran besar ini dikarenakan dagingnya yang lebih tebal dan lembut dibandingkan dengan lele berukuran biasa.***

Be the first to comment on "Rumah Pohon Ukhuwah Launching Kebun Sayur Smart (For Dhuafa)"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*