Hiharaponik: Metode Berkebun Kekinian di Lahan Minimalis

BEKASIMEDIA.COM – Kegiatan pelatihan perdana metode bercocok tanam dengan nama Hiharaponik berlangsung pada Sabtu, (21/1/18) di Rumah Pohon Ukhuwah Care Indonesia, Bekasi Jaya, Kota Bekasi. Pelatihan tersebut diadakan bagi para peserta yang hadir agar dapat menyebar luaskan pengetahuan dan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan selama pelatihan.

Program Rumah Pohon, seperti namanya, mengandung arti kesejukan. Lembaga U Care Indonesia yang menginisiasi program tersebut, selain bergerak di bidang sosial juga bergerak di bidang lingkungan hidup dan salah satu programnya ialah Rumah Pohon Ukhuwah. Terinspirasi dari kesejukkan yang berada di rumah.

Terbatasnya lahan (untuk perkebunan) di Kota Bekasi melatarbelakangi Program Rumah Pohon ini menerapkan metode hiharaponik yaitu gabungan dari Sistem Hidroponik dan Sistem Hiharaponik yang istimewanya tidak tergantung pada luasnya lahan. Metode ini juga sudah diuji coba sejak bulan September 2017.

Muhammad Anwar selaku Direktur Ukhuwah Care Indonesia mengungkapkan, metode bercocok tanam hiharaponik mudah dikerjakan di mana saja.

“Maka kesulitan kami beberapa bulan yang lalu mencoba menginisiasi hidroponik ternyata masih banyak kesulitan sehingga kita kombinasi dengan teknologi baru dengan peralatan yang sederhana beserta pot-pot yang diberi aliran air lalu diberi media tanam. Sesuai dengan metode kami hidroponik maka semua orang  bisa mengerjakan,” ungkapnya Ahad (21/1/2018).

Keunggulan sistem ini, pertama karena tidak memerlukan luasnya lahan tanam, kedu, penggunaan air sedikit, ketiga tidak memerlukan regulasi penyiraman yang merepotkan dan keempat dapat diproduksi massal.

Kebanyakan yang menerima pelatihan ini adalah kaum duafa dan yang tidak memiliki pekerjaan dengan konsep responsif pemberdayaan masyarakat.

“Kita memfasilitasi bagi mereka yang memiliki hobi bercocok tanam dan tidak memiliki sarana dan kita memiliki metodenya nanti kita kombinasikan,” tambahnya. (CJ/Pon)

Be the first to comment on "Hiharaponik: Metode Berkebun Kekinian di Lahan Minimalis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*