Hot Topics

Imbauan MUI Kota Bekasi Jelang Natal dan Tahun Baru

BEKASIMEDIA.COM – Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2018, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menyampaikan agar masyarakat menjaga kondusifitas dan saling menghargai antar umat beragama. Hal ini seperti disampaikan MUI melalui Surat edaran Nomor 084/PD/mui/-BKS/XII/2017 tertanggal 14 Desember yang ditandatangani Ketua Umum MUI, Dr. KH. Zamakhsyari Abdul Majid dan Sekretaris Umum MUI Kota Bekasi, drs KH. Sukandar Ghazali.

“Sehubungan dengan perayaan Natal oleh umat Nasrani dan menyambut tahun baru 2018, Majelis Ulama Indonesia kota Bekasi menyerukan kepada umat Islam di semua tingkatan dan kapasitasnya untuk memperkuat akidah islamiyah dengan tetap menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan di tengah perbedaan,” demikian disampaikan Ketua Umum MUI Kota Bekasi, Dr. KH. Zamakhsyari Abdul Majid dalam keterangan tertulisnya.

MUI juga mengimbau umat Islam tidak mengikuti ritual dan kegiatan natal yang dirayakan oleh Umat Nasrani yang menjadi Keyakinannya. Namun demikian, mengimbau juga untuk menjaga kondusifitas Kota Bekasi dalam suasana damai saling menghargai antar umat beragama.

Umat Islam juga diminta meneguhkan semangat toleransi beragama dengan tetap menjaga persaudaraan sesama muslim, juga semangat persaudaraan berbangsa dan bernegara.

“Harus menghormati dan menghargai kebebasan umat nonmuslim dalam menjalankan ibadah, sesuai dengan kepercayaan dan keyakinannya,” imbuhnya.

MUI kota Bekasi tidak menganjurkan umat Islam menggunakan atribut natal dan Diharapakan Umat Islam tidak mengikuti tradisi budaya agama lain pada saat perayaan natal dan tahun baru.

Adapun menjelang perhelatan pergantian tahun akhir Desember nanti, MUI mengimbau umat Islam menghindari sikap hura-hura yang bisa memicu terganggunya ketertiban umum, perilaku menyimpang, hedonisme serta perbuatan berlebihan lainnya.

“Senantiasa meningkatkan rasa syukur, berdoa, bermuhasabah, dan memohon kekuatan Dari Allah SWT untuk menghadapi Tahun Baru dengan semangat optimisme yang tinggi. Mengisi malam tahun baru dengan kegiatan positif , mengadakan syiar-syiar masjid, musholla seperti membaca Al-Quran, berdzikir dan tabligh Akbar,” demikian 9 poin Imbauan MUI untuk Umat Islam Kota Bekasi. (*)

Be the first to comment on "Imbauan MUI Kota Bekasi Jelang Natal dan Tahun Baru"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*