Soal Ibukota Israel, Begini Klarifikasi Penerbit Yudhistira

Para guru dan orangtua nampaknya harus melihat-lihat kembali Buku Pelajaran IPS yang dipakai anak-anak di sekolah, terutama buku-buku yang memuat nama-nama negara beserta ibukotanya. Pasalnya, salah satu buku yang diterbitkan Penerbit Yudhistira saat ini, tengah ramai diperbincangkan karena mencatut nama Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Riuh percakapan di dunia maya sejak Selasa (12/12/2017) kemarin semakin melebar apalagi setelah beredar scan surat klarifikasi dan permintaan maaf dari Penerbit Yudhistira. Dalam surat tersebut, penerbit Yudhistira meminta maaf dan mengakui kekeliruannya mencantumkan nama Yerusalem sebagai ibukota Israel pada isi buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 6 Sekolah Dasar (SD).

Penerbit tersebut akhirnya meyakinkan publik dengan janji segera merevisi isi buku pada cetakan yang akan datang.

https://twitter.com/Jinggho_Kribo/status/940758355374571520/photo/1

“Sehubungan dengan informasi yang berkembang belakangan ini tentang isi buku IPS kelas VI terbitan Yudhistira yang memuat bahwa ibukota Israel adalah Yerusalem, perlu kami sampaikan bahwa kami mengambil data tersebut dari sumber internet World Population Data Sheet 2010,” papar Dedi Hidayat, Kepala Penerbitan Yudhistira dalam surat klarifikasi bernomor 12/Pnb-YGI/XII/2017 yang diterima Rabu (13/12/2017).

“Kami tidak mengetahui kalau ternyata data tersebut masih menjadi perdebatan dan belum diakui secara internasional. Perlu kami sampaikan juga beberapa sumber di internet juga mencantumkan hal yang sama. Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami mohon maaf apabila sumber yang kami ambil dianggap keliru. Kami akan melakukan perbaikan atau revisi isi buku pada cetakan berikutnya,” terangnya kemudian sebagaimana tercantum dalam isi surat.

Atas beredarnya informasi ini kabarnya Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga akan memanggil pihak penerbit dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. (anr/dari berbagai sumber)

Be the first to comment on "Soal Ibukota Israel, Begini Klarifikasi Penerbit Yudhistira"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*