“Guru Berperan Penting Melahirkan Generasi Anti Korupsi”

BEKASIMEDIA.COM – Indonesia Corruption Watch (ICW) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia mengadakan acara Peluncuran Buku dan Diskusi Publik “Mengajar untuk Perubahan, Pedagogi Kritis di Ruang Kelas” bertempat di Gedung Penunjang KPK, Jl. Kuningan Persada Kav 4, Jakarta Selatan, Selasa (05/12/2017).

Wakil Koordinator ICW, Ade Irawan dalam sambutannya menyatakan pihaknya memang concern di isu pendidikan. ICW meyakini, sekolah, institusi pendidikan adalah pusat pergerakan apalagi jika mampu mendorong dan bisa menyemai nilai-nilai antikorupsi sehingga melahirkan generasi antikorupsi.

Buku yang diluncurkan hari ini, kata Ade memiliki perjalanan yang cukup panjang sebelum diterbitkan. Berisi pengalaman menarik para guru di beberapa wilayah Indonesia dalam rangka mendidik generasi antikorupsi.

“Buku ini bisa jadi inspirasi para guru untuk menjadi lebih kritis. Guru bisa menginspirasi dan merealisasikannya melalui tulisan berdasarkan pengalamannya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Cahya Harefa, perwakilan Ketua KPK mengungkapkan, guru bukanlah profesi yang mudah dijalani. Bukan sekadar mentransfer ilmu namun juga mentransformasi hal-hal yang baik dengan menunjukkan teladan.

“KPK sangat mengapresiasi semua upaya menuju perubahan. Mendidik tidak sekedar metransfer pengetahuan namun juga kebaikan.
Saya senang, buku ini bisa menginspirasi sehingga penulis-penulis yang lain bisa menggerakkan yang lainnya.
Banyak orang pintar, tapi akhirnya mereka terjerumus korupsi. Oleh karena itu generasi antikorupsi harus dididik sejak dini. Ini merupakan sesuatu hal baik yang harus didorong,” ujar Cahya yang juga menjabat Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN di KPK.

Beberapa narasumber yang hadir dalam Diskusi Publik ini antara lain Ginanjar Hambali (penulis buku/guru SMK), Sely Martini (ICW), Sujanarko (Direktur Dikyanmas KPK), Jimmy PH Paat (Universitas Negeri Jakarta), dan Sri Wahyaningsih (Sanggar Anak Alam). (anr)

Be the first to comment on "“Guru Berperan Penting Melahirkan Generasi Anti Korupsi”"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*