#2TahunJokowiJK, Mahasiswa Lepas Tikus di Seberang Istana

BEKASIMEDIA.COM – Gerakan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menjadikan 2 tahun kepemimpinan Jokowi-Jk sebagai momentum untuk mengevaluasi terhadap kinerja, khususnya nawacita. Kamis (20/10/16) siang, BEM SI menurunkan 5000an mahasiswa dari pelosok negeri seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku.

Koordinator BEM SI, Bagus Tito Wibisono dalam rilis yang diterima Bekasimedia.com menjelaskan, aksi berjalan panas sejak awal disebabkan masa aksi yang tidak diperbolehkan menuju ke depan istana, alhasil terjadi penumpukan di Medan Merdeka barat sehingga lalu lintas harus ditutup.

Sekitar pukul 14.00, harapan BEM SI bertemu dengan presiden muncul. 15 perwakilan mahasiswa diterima, namun Kepala Staf Kepresidenan yang menemui. Dalam dialog di dalam pembahasan isu tidak maksimal karena BEM SI mendesak untuk bertemu presiden.

“Betapa tidak, jalur birokratis dan administratif resmi sudah dijalankan sesuai prosedur, namun presiden masih enggan menemui mahasiswa. Kepala Staf Kepresidenan juga menolak untuk menemui masa aksi untuk memberikan klarifikasi mengapa presiden tidak mau menemui mahasiswa. Beliau berdalih,”Itu urusan anda”,” ujar Bagus yang juga Ketua BEM UNJ.

Akibat hal tersebut 15 presiden mahasiswa walk out dari forum dengan luapan kekesalan. Di luar, masa aksi sudah menunggu kehadiran mereka dan sontak terjadi aksi-aksi heroik idiologis karena luapan kekecewaan. Aksi tersebut diantaranya penyembelihan ayam yang darahnya di teteskan diatas foto besar Jokowi-Jk, kemudian bangkai ayam dilempar ke istana. Begitu pula dengan aksi pelepasan tikus-tikus, yang menandakan penegakan hukum yang lemah serta masih dipeliharanya koruptor di Indonesia.

Dalam aksi tersebut, terjadi peristiwa pemukulan terhadap masa aksi yang tidak membawa senjata dan tidak melakukan perlawanan. Terdata 2 orang mengalami bocor kepala akibat hal tersebut. Menjelang selesai, BEM SI melakukan pembakaran kepada topeng serta foto Jokowi-Jk sebagai bentuk matinya hati nurani presiden dan mosi tidak percaya terhadap presiden.

Aksi ditutup dengan sholat berjamaah di jalan perjuangan dan dilanjut dengan pembacaan sumpah mahasiswa Indonesia. Sebagai follow up aksi hari ini, BEM SI mengusung tanda pagar #JokowiSombong dan #PresidenHilang sebagai bentuk kontra argumen terhadap presiden yang lahir dari media ini. (*/eas)

Be the first to comment on "#2TahunJokowiJK, Mahasiswa Lepas Tikus di Seberang Istana"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*