KPM Akan Kerjasama dengan Disdik Gelar Pelatihan Guru Matematika

BEKASIMEDIA.COM – Mata pelajaran matematika memang unik. Meskipun kurang banyak disukai karena rumit, matematika sebenarnya bisa diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya matematika nalaria realistik. Inilah yang ingin disosialisasikan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) cabang kota Bekasi bahwa matematika itu tidak sesulit yang diperkirakan apalagi jika anak sudah menguasai logika berpikir.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) adalah lembaga dengan biaya seikhlasnya yang bertujuan membuat siswa menyukai pelajaran matematika. Sementara matematika nalaria realistik (MNR) sendiri adalah sebuah terobosan baru dalam pembelajaran matematika. MNR lebih menekankan penggunaan nalar untuk memahami matematika, sehingga pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran matematika pada umumnya yang diajarkan di sekolah-sekolah.
Dengan matematika nalaria ini, siswa diajarkan menganalisis masalah, menyelesaikan masalah dengan berbagai metode pemecahan masalah yang berlogika.

“Di Bekasi itu kan sebenarnya potensi anak-anak pinter itu banyak. Dan lembaga ini (KPM) juga bertujuan mencerdaskan anak terutama dalam mata pelajaran matematika. Karena kalau kita lihat matematika itun kan basic ya. Jadi kalau sudah menguasai matematik maka mata pelajaran yang lainnya juga akan gampang. Tapi kalau kami melihat selama ini peminat pelajaran matematika itu kok kurang, ya.. Oleh karena itu lomba MNR 2 di kota Bekasi ini jadi salah satu cara kita memperkenalkannya sekaligus memperkenalkan KPM,” kata Dien Novita, kepala cabang KPM kota Bekasi pada Minggu (16/10).

Lomba MNR tingkat SD sekota Bekasi yang dilaksanakan pada Minggu (16/10) ini juga digelar untuk memotivasi siswa-siswi yang sering ikut olimpiade matematika agar lebih percaya diri lagi menghadapi olimpiade tingkat nasional dan lain sebagainya.

Kedepan, kata Dien, pihaknya berharap bisa bekerjasama dengan Dinas Pendidikan kota Bekasi untuk menyelenggarakan pelatihan guru atau seminar guru matematika. Apalagi Kadisdik, kata Dien semangat mendukung kegiatan semacam ini.

“Kami berencana bekerjasama dengan Diknas karena Kadisdik merespons dengan semangat. Agar lebih banyak juga yang tahu tentang KPM dan guru-guru bisa lebih matang pengetahuannya dalam mata pelajaran matematika. Apalagi guru SD Negeri, di mana SD negeri itu kan basic,” imbuhnya.

Rencananya KPM akan menyelenggarakan pelatihan matematika pada tanggal 19 November mendatang di SMP 9 Al-Azhar, kemang Pratama.

“Kami berharap guru SD negeri diwajibkan mengikuti pelatihan ini. Nah jika paradigma berpikir guru tentang matematika sudah terbuka, kedepan kita akan rutinkan pelatihannya.” tukasnya. (dns)

Be the first to comment on "KPM Akan Kerjasama dengan Disdik Gelar Pelatihan Guru Matematika"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*