Dishub Kota Bekasi: Bajaj Hanya Akan Beroperasi di Permukiman Warga

BEKASIMEDIA.COM – Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana menyatakan, uji coba bajaj yang sudah dilakukan adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat. Dalam hal ini, kata dia pemerintah memang berkewajiban menyediakan alternatif moda transportasi yang menjangkau hingga ke dalam permukiman warga, maka bajaj menjadi satu alternatif yang diajukan Dishub Kota Bekasi.

“Uji coba itu kan bagian dari sosialisasi juga dan bukan hanya coba-coba tapi akan ada tindak lanjut. Adalah kewajiban pemerintah menyediakan alternatif layanan moda transportasi. Maka setelah kita sosialisasikan maka terserah publik mau menggunakannya atau tidak,” kata Yayan.

Yayan melanjutkan, moda transportasi roda tiga ini tidak akan beroperasi di jalan raya namun hanya di dalam wilayah permukiman warga (komplek) yang masih sulit dijangkau dengan angkot atau angkutan umum lainnya.

“Kalau ditanyakan selama ini kan sudah banyak moda transportasi memang benar tapi kan mereka (bajaj) tidak ke jalan raya. Ini hanya akan di dalam lingkungan komplek agar menjangkau dari satu permukiman ke permukiman lainnya,” tukas Yayan.

Atas uji coba ini, DPRD kota Bekasi meminta Dishub mengkaji ulang uji coba bajaj karena jika melihat contoh keberadaan bajaj di Jakarta, misalnya, bajaj merupakan salah satu penyumbang polusi suara dan udara juga menambah parah kemacetan.

Anggota komisi B DPRD kota Bekasi, Reynold mengatakan perlu ada kajian mendalam atas rencana tersebut, apalagi menurutnya bila mengacu pada contoh di kota-kota besar seperti Jakarta, bajaj termasuk penyumbang terbesar kemacetan dan kebisingan serta polusi udara.

“Perlu dikaji lebih mendalam, karena kalau kita mengacu pada Jakarta saja, bajaj di daerah lingkungan masyarakat menciptakan kemacetan dan kebisingan serta polusi udara,” ujarnya.

Menurutnya, yang perlu dilakukan pemerintah kota Bekasi adalah mencarikan solusi yang tepat terkait moda transportasi lingkungan yang tidak menimbulkan efek kemacetan dan kebisingan baru. (dns)

Be the first to comment on "Dishub Kota Bekasi: Bajaj Hanya Akan Beroperasi di Permukiman Warga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*