SKI INDOSAT dan PKPU Bandung Bantu Warga Korban Banjir Bandang Garut

BEKASIMEDIA.COM – Pagi itu, menggunakan 3 mobil penumpang dan 1 mobil elf pengangkut barang, TIM dari Sarana Kerohanian Islam (SKI) Indosat dan PKPU bertolak dari Bandung menuju Garut. Kurang lebih 3 jam perjalanan, rombongan menuju posko bencana PKPU yang terletak di pusat Kota Garut. Setelah melakukan koordinasi, perjalanan dilanjutkan untuk mengunjungi langsung beberapa lokasi yang terdampak banjir bandang. Lokasi yang terletak dipelosok serta jalan yang kecil, membuat perjalanan memakan waktu masing-masing 30-50 menit dari posko.

Yano Sugiano dari Kemitraan PKPU Bandung melaporkan bahwa rombongan tersebut membawa paket hygiene kits, paket kitchen sets dan tabung gas elpiji serta kitab suci Al Qur’an (3/10). Ia menjelaskan bahwa SKI Indosat melalui ZIS Indosat bekerja sama dengan PKPU Bandung mendistribusikan paket-paket tersebut. “Bentuk bantuan yang diberikan oleh SKI INDOSAT melalui ZIS INDOSAT ini mengacu kepada need assesment yang dilakukan oleh tim PKPU di lapangan,” jelasnya. Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU sejak hari H sampai berita ini diturunkan telah menerjunkan TIM RESCUE khusus dan mendirikan posko untuk melakukan berbagai program kebencanaan komprehensif di Garut.

Yefi Abdullah, mewakili rekan SKI Indosat menyampaikan bela sungkawanya atas musibah yang menimpa saudara-saudara di Garut dan sekitar. “Semoga Saudara-saudara kita diberikan ketabahan dan kekuatan mengahadapi ujian ini. Musibah adalah Qadha (ketetapan) dari Allah SWT, kita selaku orang yang beriman harus menerima dengan lapang dada,ridha,bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT, sehingga musibah yang datang Insyaallah ada hikmah dari Allah SWT kita tetap berhusnudzhon kepada Allah SWT”, ujarnya. “Atas kejadian ini juga menjadi ibroh bagi kita semua untuk selalu meningkatkan ibadah kita, ketaqwaan kita kepada Allah SWT”, lanjutnya.

Edi J, Lurah Lengkong Jaya Kecamatan Karangpawitan Garut menyambut rombongan dan mewakili warganya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di sini”, ucapnya.

SKI Indosat yang diwakili oleh rekan – rekan pengurus SKI West Java turut mengunjungi langsung lokasi yang terpapar bencana. Distribusi difokuskan ke lokasi yang masih minim menerima bantuan dari relawan lain yaitu lokasi Cijambe Karang Pawitan, Pananggungan, Cibuluh dan sebagian ke lokasi daerah Cimacan.

Kepala Cabang PKPU Bandung, Kiki Rejeki menyebutkan sesuai dengan misinya, PKPU berusaha untuk konsisten dalam aksi penanganan bencana mulai dari emergency response hingga pengurangan risiko bencana berbasis komunitas atau CBDRM (Community Based Disaster Risk Management). “Merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga dapat menjadi Mitra SKI (ZIS) Indosat. Semoga program yang dilakukan ini dapat berkonstribusi untuk mengurangi dampak atas bencana yang dirasakan oleh warga, khususnya pada bencana Banjir Bandang di Garut ini”, harapnya.

Praktisi pemberdayaan masyarakat, Fadly Halim Hutasuhut, menyampaikan bahwa pola-pola kerjasama harus diterapkan oleh berbagai unsur terkait untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. “Kita dorong NGO seperti PKPU ini untuk bekerja sama dengan berbagai stakeholder, baik itu individu maupun lembaga/korporat,” ucapnya.

“Lembaga Amil Zakat merupakan mitra strategis dan potensial dalam mewujudkan umat yang sejahtera dan mandiri. Kegiatan-kegiatan kebencanaan yang lazim dilaksanakan dapat dikembangkan menjadi program manajemen kebencanaan berbasiskan pemberdayaan masyarakat. Ini juga berlaku untuk bidang lainnya seperti ekonomi, kesehatan maupun pendidikan. Kita programkan masyarakat itu untuk bisa berdaya dan mandiri,” pungkasnya. (Fadsupp/Putri/PKPU)

Be the first to comment on "SKI INDOSAT dan PKPU Bandung Bantu Warga Korban Banjir Bandang Garut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*