Jurus Jitu Black Garlic Memberi Manfaat bagi Kesehatan Dan kecantikan

By dr Riris Wd, M.Si
Praktisi Herbal Medik dan Estetika

Bawang hitam memang belum banyak diketahui orang. Bawang hitam berasal dari bawang putih dan bawang putih sudah lama dikenal dan dimanfaatkan sebagai pemberi aroma pada masakan dan berkhasiat untuk mencegah serta menyembuhkan berbagai penyakit (Amagase et al, 2006).

Dalam bahasa arab fushah (baku aau resmi), bawang putih disebut “fuum”. Dalam Al Qur’an disebutkan dalam firman Allah (Mahmud, 2007 : (“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “ Hai Musa, kami tidak bisa sabar(tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu,agar Dia mengeluarkan bagi kami apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya dan bawang merahnya”. Musa berkata,”Maukah kamu mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik?” (QS Al-Baqarah (2): 61).

Bawang putih dalam bahasa Inggris disebut dengan nama garlic. Di Indonesia varian bawang putih sangat beragam. Nama lokal yang sering disebut sebagai nama lain bawang putih adalah di daerah Madura menyebutnya sebagai bhabang pote. Di Sunda menyebutnya bawang bodas, bawang pulak di daerah Tarakan, lasuna moputih daerah Minahasa, pia moputi daerah Gorontalo, lasuna kebo daerah Makassar, bawa de are daerah Halmahera, bawa bodudo daerah Ternate, bawa fiufer daerah Papua, lasuna daerah Karo, kasuna daerah Bali, Lasuna pute daerah Bugis, Bawang handak daerah Lampung, Kalfeo foleu untuk daerah Timor dan bawang untuk di daerah Jawa. Itulah beberapa nama bawang putih yang sekarang difermentasi menjadi bawang hitam.

Bawang putih yang banyak ditemui di Indonesia adalah Lumbu hijau, Lumbu kuning, Cirebon, Tawangmangu, jenis Iliocos dari Filipina dan jenis Thailand. Lumbu hijau adalah varietas unggul bawang hitam yang memiliki potensi produksi tinggi dan dianjurkan untuk ditanam (Rukmana, 2012).

Kini,bisa kita jumpai bawang hitam yang berasal dari bawang putih. yang dikenal dengan nama black garlic, sedang menjadi perbincangan di dunia kesehatan terutama pada pengobatan herbal. Manfaat bawang hitam banyak dibuktikan berkhasiat membantu mengobati beberapa penyakit. Terbukti dari uraian di beberapa sumber jurnal ilmiah.
Bawang hitam adalah bawang putih tunggal diolah dengan cara fermentasi dan menghasilkan bawang putih hitam atau garlic hitam. Cara membuat bawang hitam dengan teknik dipanaskan pada suhu 65 – 80ºC dengan kelembapan 70 – 80% dari suhu kamar selama satu bulan (Wang et al, 2010). Black garlic memiliki warna hitam, ringan karena kadar airnya berkurang dan mempunyai aroma serta rasa yang tidak terlalu menyengat seperti bawang putih. Manfaat black garlic, S-allylcysteine membantu penyerapan allicin sehingga metabolisme perlindungan terhadap infeksi bakteri menjadi lebih mudah (Abusufyan, 2012).

Black garlic atau bawang hitam adalah bawang putih yang di proses secara alami pada suhu tertentu dalam waktu tertentu (proses fermentasi) cukup panjang. Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka proses fermentasi bawang hitam ini bisa berlangsung selama 40 – 80 hari. Dari hasil fermentasi ini akan menghasilkan rasa yang lebih manis, tidak pedas, dengan tekstur yang lembut, gurih dan sedikit kenyal. Dan menghasilkan kandungan dan formulasi kimiawi baru, dengan efek farmakologis yang baru. Itu menjadikan black garlic sebagai salah satu bahan herbal yang banyak dicari. Maka tidak heran banyak yang menyebut juga dengan nama “Magic Black Garlic”.

Dari fermentasi akan menghasilkan kandungan dan formulasi kimiawi baru. Dan teknik fermentasi ini sudah digunakan oleh masyarakat Korea ribuan tahun yang lalu. Bagi masyarakat Korea, bawang hitam digunakan sebagai obat herbal yang bisa membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Mereka juga meyakini bahwa bawang putih yang difermentasi ini bisa memberikan umur yang panjang.
Bawang hitam yang telah mengalami proses fermentasi sangat dibutuhkan sebagai suplemen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan, kecantikan, dan stamina tubuh.

Bawang hitam hasil fermentasi sangat cocok dikombinasikan dengan makanan apapun, dengan dikonsumsi langsung atau sebagai salad.

Dari segi tampilan bawang hitam memang terbilang kurang menarik. Namun khasiat bawang hitam dapat diketahui dari sifat antibakterinya yang lebih kuat, serta antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa karena mengandung S-allycysteine (Anonim, 2013). Berdasarkan hasil riset Bae (2014), semakin lama waktu bawang hitam fermentasi, maka kandungan Sallycysteine (SAC) semakin meningkat. Dengan adanya senyawa antibakteri yang lebih tinggi dari bawang putih diharapkan dapat lebih efektif untuk mengatasi prokariotik patogenik penyebab penyakit.
Berdasarkan hasil riset terbaru menjelaskan tentang efek farmakologis bawang putih yang bisa diperoleh pada bawang hitam, adalah sebagai antibakteri, antijamur, hipolipidemik, hipoglikemik, antitrombotik, antioksidan dan antikanker (Song, 2001). Umbi bawang putih mengandung zat aktif allicin yang memiliki efek bakteriostatis dan bakteriosidal (Untari, 2010).
Khasiat bawang hitam dapat diketahui dari sifat antibakterinya yang lebih kuat, serta antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa karena mengandung S-allycysteine (Anonim, 2013). Berdasarkan hasil riset Bae (2014), semakin lama waktu bawang hitam fermentasi, maka kandungan Sallycysteine (SAC) semakin meningkat. Dengan adanya senyawa antibakteri yang lebih tinggi dari bawang putih diharapkan dapat lebih efektif untuk mengatasi prokariotik patogenik penyebab penyakit.
Taksonomi Bawang Putih (= Bawang Hitam)Nama binomial Allium sativum, Linn. Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida. Ordo: Asparagales. Famili: Alliaceae. Upafamili: Allioideae. Bangsa: Allieae. Genus: Allium. Spesies: A. sativum.
Nama latin bawang putih yaitu Allium sativum juga termasuk salah satu bumbu dapur yang sangat popular di Asia. Bawang putih memberikan rasa harum yang khas pada masakan, sekaligus menurunkan kadar kolesterol yang terkandung dalam bahan makanan yang mengandung lemak. Maka jangan heran jika pada masakan Cina, Korea dan Jepang banyak menggunakan bawang sebagai bumbu utamanya (Tim Redaksi, 2007 : 15-16). Dan kini bawang putih hitam menjadi bumbu masakan idaman disana.

Bawang putih hitam termasuk genus afflum yang di Indonesia lazim disebut bawang putih. Bawang putih termasuk klasifikasi tumbuhan terna berumbi lapis atau siung yang bersusun. Klasifikasi bawang putih tumbuh secara berrumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30 -75 cm, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daunnya mirip pita, berbentuk pipih dan memanjang. Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil yang bejumlah banyak. Dan setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih.

Budi daya bawang hitam atau bawang putih pada awalnya tumbuh di dataran tinggi, sekarang di Indonesia, jenis tertentu dapat dibudidayakan di dataran rendah. Bawang putih berkembang baik pada ketinggian tanah berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut.
Ada lagi varietas bawang putih yang disebut bawang lanang. Ini adalah bawang yang hanya terdiri dari satu siung. Sesungguhnya, bawang lanang ini merupakan bawang hitam biasa yang tumbuh di lingkungan yang tak sesuai. Alhasil, bawang ini tak berkembang dengan baik, dan hanya berkembang satu siung.

Pemanfaatan bawang putih di masyarakat sampai saat ini masih belum maksimal. Pada kenyataannya bawang putih hanya diambil manfaat sebagai bumbu dapur yang hanya digunakan untuk memberikan rasa sedap dan mantap di setiap masakan. Sehingga bawang putih sudah menjadi bahan dapur wajib saat memasak karena aroma dan rasa yang dihasilkannya menambah sedap setiap resep masakan (Tim Redaksi, 2007:15-16). Padalah jika di pelajari secara mendalam, jika bawang putih sudah di fermentasi menjadi black garlic terdapat manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan hanya sekadar bumbu masakan.

Manfaat bawang putih yaitu sebagai pembantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Hal ini disebabkan karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah. Ada pula penelitian yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi bawang hitam secara teratur sekitar 2 – 3 siung setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung. Pada kondisi ini, bawang hitam bermanfaat membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung sehingga meminimalkan terjadinya serangan oleh karena kemampuannya mengurangi kadar kolesterol tubuh dan trigliserida serta juga berperan dalam mengurangi pembentukan plak pada pembuluh arteri.
Bawang hitam untuk kanker. Bawang putih hitam juga dapat membantu menghindari kanker yang dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa resiko terkena kanker di usia tua berkurang sebanyak 50% bila mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

Di samping itu, manfaat bawang putih hitam menurut penelitian Memorial Sloan Kettering Cancer Center, bahan kimia SAMC yang terdapat pada bawang hitam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi. Karena kandungan anti kanker yang dimiliki bawang hitam berasal dari senyawa allysulphides.
Dan pada kanker payudara bagi wanita, menurut penelitian, kandungan senyawa “Ally- Sulphide” minyayang bersifat anti septik ini pada bawang hitam mampu merubah zat PhIP (terbentuk dari kreatin dan kreatinin) menjadi karsinogenik.
Kadar kolesterol yang tinggi biasanya menjadi pertanda proses penuaan. Bawang putih lanang yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol yang paling kuat dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah (Udi & Ahmad, 2003 : 73)

Bawang putih hitam menurut Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Perancis menjelaskan tentang khasiat bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi. Tentunya dengan efek yang lebih lembut. Ia menemukan bahwa bawang putih bermanfaat untuk membantu melepaskan serotonin, yakni bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian luas suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, murung, rasa sakit, agresi, stress, kurang tidur dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak cenderung berfungsi sebagai obat penenang yang menentramkan tubuh, memudahkan tidur, dan meringankan kemurungan , karena bawang hitam dapat menormalkan sistem serotonin.
Berdasarkan hasil studi literatur yang dilakukan oleh Danan Wang, dkk pada tahun 2010 dengan judul “Black Garlic (Allium sativum) Extracts Enhance the Immune System” didapatkan hasil extrak black garlic dengan kandungan senyawa organosulfur berupa allicin jauh lebih tinggi daripada bawang putih segar biasa. Allicin merupakan senyawa aktif yang bersifat tidak stabil dan efektif membunuh mikroba, seperti kuman – kuman penyebab infeksi (flu, gastroentritis, dan demam). Sehingga black garlic dapat menjadi alternatif obat pencegah infeksi oportunistik pada penderita AIDS.Dengan demikian, peneliti selanjutnya mengharapkan adanya penelitian serta pengembangan lebih lanjut tentang black garlic pencegah infeksi oportunistik pada penderita AIDS dan masyarakat, rumah sakit serta petugas kesehatan dapat mengaplikasikan black garlic sebagai pencegah infeksi oportunistik terutama penderita AIDS.

Hasil penelitian manfaat bawang putih hitam menurut Lee (2009) menyebutkan nilai TEAC antioksidan bawang putih dan black garlic adalah 13,3± 0,5 dan 59,2 ± 0,8 μmol/g basah. Khasiat bawang putih tunggal memiliki aktivitas antioksidan lebih kuat dari bawang putih sehingga bawang hitam untuk diabetes bisa digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes.

Asal Usul Tentang Bawang Hitam

Bawang putih warna hitam pada mulanya dikenal dari Negara Korea Selatan, di mana Black Garlic ini digunakan sebagai suplemen herbal tubuh yang memiliki kekuatan antioksidan jauh lebih besar dibanding bentuk dasarnya yaitu bawang putih dan ditambahkan pada minuman-minuman penambah energi. Bahkan dalam legenda Tao, manfaat black garlic dipercaya berkhasiat untuk hidup abadi. Seperti di Thailand, fungsi bawang hitam ajaib terkenal sebagai penambah umur dan diaplikasikan secara unik dalam pembuatan coklat.

Mungkin terlalu berlebihan jika khasiat bawang hitam diklaim sebagai penambah umur maupun hidup abadi, akan tetapi dapat dipastikan bahwa kandungan antioksidannya dua kali lipat lebih besar pada bawang hitam dibandingkan dengan bawang putih. Sedangkan sebagai zat anti kanker memlilikikemampuan 10 kali lebih besar daripada bawang putih.

Popularitas khasiat bawang hitam di awali oleh seorang penulis koran New York Times pada tahun 2008 di Amerika membuat tulisan berjudul “Design and Living” yang mengenalkan bawang hitam black garlic sebagai bahan pokok baru yang modern dan digunakan oleh Chef Bruce Hill dari Restaurant Bix di San fransisco. Chef Matthias Merges yang merupakan koki eksekutif di Charlie Trotter di Chicago juga mencatat bahwa bawang hitam manfaat merupakan salah satu dari lima top makanan di berita restaurant pada Desember 2008. Sejak itulah, Black Garlic menjadi sangat terkenal di Amerika Serikat. Bahkan beberapa program televisi di Amerika seperti Iron Chef America (Food Network) dan Top Chef New York (on Bravo) menggunakan bawang hitam untuk pembuatan saos makanan.
Sejak saat itu, banyak restoran terkenal sudah mulai menyajikan menu dengan menggunakan black garlic.

Bawang hitam Indonesia di populerkan oleh restoran china Pearl Chinese Restaurant yang berlokasi di lantai 2 Hotel JW Marriott Jakarta, menyediakan menu pakai black garlic. Bawang hitam atau black garlic merupakan bawang putih yang telah di fermentasi menjadi bumbu andalan.

Khasiat bawang hitam di korea disejajarkan dengan manfaat gingseng, oleh karena itu ada salah satu resep makanan yang sangat terkenal seperti Bawang Putih Ayam Panggang Hitam. Bawang hitam asli digunakan oleh koki Bruce Hill dari BIX Restaurant di San Francisco. Pada saat pengusaha Scott Kim pada tahun 2005 mulai mengimpor bawang putih dari pulau Jeju Korea untuk selanjutnya di proses di Perusahaannya, di Amerika. Perusahaan Scott Kim mulai memproduksi bawang hitam pada tahun 2008 di Hayward, California. Cara fermentasi bawang hitam dilakukan dengan teknologi yaitu memfermentasi bawang putih pada suhu rendah.

Popularitas manfaat garlic di America terbilang “istimewa” dan masuk dalam daftar 5 bahan makanan teratas di restoran restoran bintang lima. Setelah beberapa kali dikenalkan pada reality show stasiun TV di Amerika Serikat, ketenaran bawang hitam merambah ke benua Eropa seperti di Iggris. Oliveria mengenalkan bawang hitam momo di Australia melalui sebuah toko di Melbourne. Akhirnya pada akhir 2011 bawang hitam tunggal atau bawang putih hitam bisa ditemui di pasar – pasar di negara – negara maju.

Kandungan bawang hitam

Berdasarkan hasil riset dalam “Medicinal and Aromatic Plant Science and Biotechnology Journals” Print : ISSN 1752- 3389, Editor in chief : Jaime A. Teixeira da Silva, Kagawa University Jepang, menyatakan hasil penelitian bahwa Ekstrak khasiat Bawang Putih Hitam (Allium sativum) kaya akan S-alil-L-sistein (SAC) dan mampu meningkatkan imunitas seluler untuk mendongkrak aktivitas NK (natural killer) yang memainkan peran penting dalam pemberantasan sel tumor.
Fermentasi bawang putih menjadi bawang hitam ajaib memiliki efek kesehatan yang lebih baik daripada bawang putih biasa. Terutama antioksidannya meningkat 2x dari bawang putih biasa. Proses fermentasi juga membuat protein yang terkandung dalam bawang putih biasa terurai menjadi asam amino, karbohidratnya terurai menjadi fruktosa dan elemen nutrisinya meningkat dua kali. Walaupun difermentasi, kandungan bawang putih aliin masih tetap terjaga dengan baik, karena kulit bawang putih tidak dikelupas saat proses fermentasi.

Peringatan bagi yang mengkonsumsi obat bawang hitam, agar efek samping bawang hitam tidak terjadi:1. Bawang Hitam tidak baik di konsumsi untuk Orang yang alergi bawang putih.2. Bawang hitam putih tidak baik di konsumsi untuk orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat.3. Bawang Hitam tidak baik di konsumsi untuk orang yang sedang Migrain.4. Bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak, harus minum air putih yang banyak.5. Jangan mengkonsumsi Bawang Putih Hitam bila sedang memakai obat anti koagulan.

Manfaat lain bawang hitam untuk kesehatan

1. Bawang hitam untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan flek hitam di wajah
Cara menghilangkan flek hitam di wajah yaitu parutlah bawang hitam, kemudian dicampur dengan tetesan madu alami, lalu oleskan pada wajah yang terkena flek hitam, diamkan selama 15 menit, selanjutnya basuh wajah anda sampai bersih.

2. Bawang hitam untuk ibu hamil
Bagi ibu hamil, kegunaan bawang hitam sangat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi kadar kolesterol.

Khasiat bawang hitam manis berpotensi mengurangi kelelahan selama kehamilan, serta menghancurkan bakteri berbahaya, jamur dan virus. Sifat antimikroba bawang putih sangat bermanfaat sehingga telah digunakan sejak lama dalam bentuk salep kulit maupun suplemen yang diminum.
Bawang hitam dapat membantu dalam mengobati infeksi vagina, termasuk sindrom hipersensitivitas ragi dan kandidiasis kronis. Seperti halnya obat alami atau suplemen herbal lainnya, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi bawang putih, baik mentah maupun dalam bentuk suplemen.

3. Bawang hitam sebagai suplemen kesehatan

Di Korea, khasiat bawang putih hitam dikembangkan sebagai produk herbal dan dianggap sebagai makanan suplemen kesehatan tambahan. Black Garlic sebagai makanan yang kaya antioksidan biasanya ditambahkan ke minuman energi, dan di Thailand, bawang putih hitam ini diklaim dapat meningkatkan umur panjang.

4. Bawang Hitam sebagai bumbu makanan yang sehat dan kaya gizi.

5. Membantu Meningkatkan Vitalitas atau GairahZat Aphrodiasiak pada bawang hitam dapat meningkatkan gairah bagi laki-laki atau perempuan yang mampu merangsang gairah pada laki-laki atau perempuan.

6. Membantu Meningkatkan Kadar Metabolisme Zat Besi

Protein yang membantu dalam meningkatkan penyerapan dan pelepasan zat besi adalah ferroportin. Fungsi lain dari diallysulphides adalah membantu meningkatkan produksi ferroportin.

7. Membantu Mengatasi Alergi Manfaat selanjutnya bawang hitam adalah anti-inflamasi yakni membantu tubuh melawan alergi. Kandungan anti-arthritic bawang putih berasal dari dua jenis senyawa yaitu diallysulphide dan thiacremonone.
Dengan mengolah bawang putih mentah menjadi jus maka sangat efektif menyembuhkan gatal-gatal dengan cepat dan juga gigitan serangga.

Cara membuat bawang putih hitam

1. Cara yang pertama

Proses pembuatan bawang putih menjadi bawang putih hitam atau bawang hitam tidaklah sulit, namun hanya butuh kesabaran saat pembuatannya. Pembuatan bawang hitam yang maksimal membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 80 hari.

Cara fermentasi bawang putih untuk menjadi black garlic atau bawang hitam momoidea dengan cara memasuk kan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu antara 25 – 30 derajat selsius selama 80 hari. Lakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

2. Cara yang keduaCara membuat bawang hitam dengan rice cooker yaitu dengan dicolokkan ke listrik selama 24 jam selama minimal 40 hari, namun resiko ini dapat menyebabkan konsleting listrik.

3. Cara yang ketiga

Pertama pilih bawang putih yang mulus dan segar.b. Siapkan Wajan tebal/teflon serba gunac. Beri alas dandang, yang berlobang lobangd. Susun bawang putih di atas alas dandang yang di letakkan di dasar wajan.e. Tutup wajan, masak 30-60 menit pakai api lilin/api paling kecil, tiap hari selama 20 hari.

Proses bawang hitam setelah 10 hari bawang sudah berubah menjadi coklat, 15 hari makin gelap, 20 hari sudah menjadi hitam. Jika mau bersabar tunggu sampai 40 hari, lebih bagus lagi jika proses fermentasi bawang putih hitam dilakukan selama 80 hari. Jika sudah hitam, letakkan bawang di tempat yang kering, hindari sinar matahari, dan bawang hitam siap untuk di konsumsi.

Data klinis tentang bawang hitam, sumber : http://www.blackgarlicna.com/the-benefits/Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat menurunkan kolesterol pada tikus.Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa bawang putih hitam berperanan mengurangi stres oksidatif pada tikus.Studi laboratorium terhadap sel manusia menunjukkan efek imunomodulasi, in vitro studi ini menunjukkan perubahan biokimiawi, sehingga pertumbuhan beberapa jenis sel kanker melambat.Dari penelitian terhadap hewan coba, terbukti bahwa bawang putih hitam dapat membantu meniadakan resistensi insulin pada tikus .Uji klinis menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih (sangat mirip dengan ekstrak bawang putih hitam) dapat menurunkan tekanan darah. Senyawa angiotensi II merupakan protein yang membantu pembuluh darah berkontraksi sehingga bisa meningkatkan hipertensi atau pembuluh darah.Allicin yang terdapat pada bawang hitam akan memblok aktivitas senyawa angiotensin II sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah seseorang.

Kandungan polisulfida yang terkandung di dalam bawang hitam akan diubah menjadi gas yang selanjutnya disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hidrogen sulfide ini yang kemudian akan membantu mengontrol tekanan darah
Studi laboratorium pada sel manusia telah menunjukkan peningkatan aktivitas natural killer (NK) sel.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang hitam dapat menurunkan thiobarbituric zat reaktif asam (TBARS) tingkat pada tikus. Hewan dan laboratorium penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat meningkatkan SOD (superoxide dismutase) dan GSH-Px (Gluthathione peroksidase) pada tikus.
KOMPONEN AKTIF DI DALAM BAWANG PUTIHOrganosulfur SENYAWA (AIR larut)S-Alil-sistein (SAC)S-Allylmercaptocysteine (samc)Kedua senyawa ini telah terbukti menjadi komponen aktif yang paling penting di Black Garlic. Berdasarkan penelitian ilmiah, minimal 1 mg SAC telah terbukti memiliki manfaat pada hewan laboratorium.

Bawang putih mengandung 1,5 mg / g SAC. Semakin banyak yang dikonsumsi semakin besar manfaatnya.
Organosulfur SENYAWA (LIPID larut) adalah :dialil sulfidaTriallyl sulfidadiallyl disulfidediallyl polisulfida
Bawang hitam mengandung dua kali antioksidan dibandingkan dengan bawang putih mentah biasa.Lipid dan larut dalam air senyawa OrganosulfurPolifenol (allixin)Tetrahidro-beta-carbolinesseleniumN-fructosyl glutamatN-fructosyl argininNα (1-deoksi-D-fructos 1-yl) -L-arginine
Bawang putih adalah salah satu dari 10 buah top dunia

http://blog.ideasinfood.com/ideas_in_food/2014/02/crispy-black-garlic.htmlkshealthandwellness.blogspot.com/2014/10/the-one-must-have-you-need-to-have-to.html

Bawang hitam rasanya manis (tapi tidak merangsang mual) dengan aftertaste bawang putih yang lebih ringan, tapi ada nuansa yang menggambarkan sebagai molase, balsamiclicorice atau rasa asam, pahit jamu sedikit. Sebagian orang meyakini bahwa Bawang Hitam mengandung S-allycysteine, yaitu suatu senyawa yang tengah marak diakui sebagai komponen alami yang telah dibuktikan bisa mencegah penyakit kanker.Kandungan nutrisi seluler berupa minyak uap, komposisi asam garam belerang, 40% protein, 2% lemak , mengandung vitamin B, C, E, mineral fosfor, magnesium, kalsium, yodium, besi, potasium, sodium, mangan, dan zinc. Juga, protida, oksida”al-alil” dan antibiotik. Asam garam belerang pada bawang putih hitam adalah unsur penawar yang menakjubkan. Bawang putih mengandung banyak sekali gula dan asam amino, sehingga ketika difermentasi, kedua elemen ini memproduksi melanoidin, salah satu elemen yang membuat bawang putih menjadi hitam. Dan bawang putih per 100 g mengandung protein sebesar 4,5 g,lemak 0,20 g, karbohidrat 23, 10 g, vitamin B1 0,22 mg, vitamin C1 5 mg, kalori 95 kalori, fosfor 134 mg, kalsium 42 mg, besi 1 mg, air 71 g. Di samping itu dari beberapa penelitian umbi bawang putih mengandung zat akatif awcin, awn, enzim amilase, germanium,sativine, sinistrine, selenium, scordini (meningkatkan daya tahan tubuh), nicotinic acic (Ipteknet 2008).

Zat anti-kolesterol dalam bawang putih disebut ajoene bersifat membantu mencegah penggumpalan darah. Salah satu studi yang dipublikasikan di “The journal of The Royal College” tahun 1994 menyebutkan bahwa “Bawang Putih” merupakan agen untuk mengurangi lemak. Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi.

Menurutnya secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12% dari total kolesterol. Penurunan ini terlihat setelah 4 minggu konsumsi bawang putih.
Bawang putih membantu menyembuhkan infeksi kulit, oleh karena selain allicin, ada senyawa lain yang berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit akibat jamur. Seperti contohnya kadas, kurap dan kutu air.

Manfaat bawang hitam untuk kecantikan
Mencegah penuaan dini

Saat ini penuaan tidak hanya terjadi pada orang yang berusia lanjut saja. Seseorang yang masih muda pun juga mengalami penuaan, atau biasa di kenal dengan istilah penuaan dini. Hal ini di sebabkan oleh adanya radikal bebas, pola hidup yang tidak sehat, atau dari sering terkena paparan sinar matahari langsung. Dengan menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi bawang hitam, selain menyembuhkan penyakit sebagai tambahan suplemen, seseorang akan terhindar dari penuaan yang lebih awal.

Membuang kandungan logam merkuri pada tubuh

Efek negatif merkuri dari logam berbahaya pada perhiasan wanita dapat dibantu dihilangkan dengan mengkonsumsi bawang hitam dan sekaligus dapat membantu menyembuhkan penyakit akibat efek dari merkuri tersebut.
Meningkatkan daya tahan tubuhKunci utama agar tidak mudah terserang penyakit adalah memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Karena daya tahan tubuh berperan penting untuk menyerang kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi bawang hitam membantu menyembuhkan penyakit karena meningkatnya kekebalan daya tahan tubuh.

Membersihkan komedo

Komedo biasanya paling banyak terdapat pada bagian hidung. Pada bagian itu paling jelas terlihat, apalagi terdapat jenis komedo yang sudah menghitam. Maka jika itu terjadi maka dapat dioleskan bawang hitam yang sudah dihaluskan terlebih dahulu dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo.

Menghilangkan bekas luka

Jika memiliki luka dan setelah sembuh meninggalkan bekas pada kulit, bawang hitam yang sudah di haluskan dioleskan pada bekas luka, dapat menghilangkan bekas luka.
Sejak banyak orang yang tahu manfaat bawang hitam banyak negara yang sudah mengkonsumsi bawang hitam untuk obat atau hanya untuk sekedar bumbu tambahan pada masakannya. Bahkan di Amerika bawang hitam banyak di cari karena besar manfaatnya. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua di sini.

Manfaat Bawang Putih dan Cara Bawang Hitam

Sumber : Yuhua & Eddy S: 15-68 dan Stephen F., At all., : 27-80. Dalam Ida Untari, Bawang Putih Sebagai Obat Paling Mujarab Bagi Kesehatan. Jurnal: GASTER, Vol. 7 No. 1 Februari 2010. Hlm. 552-554.*AR

Be the first to comment on "Jurus Jitu Black Garlic Memberi Manfaat bagi Kesehatan Dan kecantikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*