Inspirasi Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

BEKASIMEDIA.COM – Lidah buaya merupakan tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun dalam pot teras rumah. Lidah buaya memiliki nama botani yakni Aloe vera, dengan famili Liliaceae, berasal dari bahasa latin Aloe barbadensis Milleer. Kata orang, tak kenal maka tidak cinta. Jika tidak kenal maka tidak ada gunanya. Mari berkenalan dengan si cantik Aloe vera.

Aloe vera atau lidah buaya tumbuh di tempat yang berhawa panas. Berdasarkan penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Ciri-ciri daun Aloe vera berwarna hijau, berkelompok-kelompok kelabu, berbentuk pita dengan helaian yang memanjang berduri lembut di tepi daun, bersifat sukelen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung lendir (gel) sebagai bahan obat sehingga daunnya tebal. Tanaman ini tumbuh pada tanah yang subur dan gembur.

Aloe vera mengandung beberapa jenis vitamin, zat galian, enzim dan antibiotik yang bermanfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Aloe vera mengandung metabolit sekunder, suatu senyawa metabolit yang tidak essensial bagi pertumbuhan organisme dan ditemukan dalam bentuk bioaktif yang unik atau berbeda-beda antar spesies yang satu dengan yang lainnya, dan dengan adanya senyawa inilah maka suatu tanaman dapat digunakan sebagai obat.

Senyawa metabolit sekunder itu seperti alkaloid, flavonoid, steroid, terpenoid, saponin dan yang lain.

Alkaloid termasuk senyawa organik bahan alam yang terbesar jumlahnya pada tumbuhan. Menurut Harborne dan Turne (1984), alkaloid adalah senyawa metabolit sekunder yang bersifat basa, yang mengandung satu atau lebih nitrogen dalam bentuk cincin heterosiklik, dengan senyawa aktif biologisnya yang menonjol.
Struktur alkaloid beraneka ragam dari yang sederhana sampai rumit dari efek biologisnya yang menyegarkan tubuh dan juga memberikan efek toksik bagi tubuh. Satu contoh yang sederhana yang memberikan efek toksik bagi tubuh adalah nikotin. Nikotin dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker mulut, tekanan darah tinggi dan gangguan terhadap kehamilan dan janin.

Flavonoid adalah suatu kelompok senyawa fenol yang terbanyak di alam. Senyawa-senyawa ini bertanggung jawab terhadap zat warna merah, ungu, biru, dan sebagian zat warna kuning dalam tumbuhan. Semua flavonoid menurut strukturnya merupakan turunan senyawa induk “flavon”.

Flavonoid dalam tumbuhan mempunyai empat fungsi yaitu sebagai pigmen warna, fungsi fislologi dan patologi, dan juga berfungsi menjalankan aktivitas farmakologi, fungsi flavonoid juga dianggap sebagai antioksidan, dan mempunyai peranan utama dalam makanan manusia, yaitu mencegah kerusakan akibat penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dan pada lidah buaya yang juga mengandung metabolit sekunder, dan lidah buaya berfungsi sebagai obat karena mempunyai bermacam-macam bioaktivitas seperti anti inflamasi, anti kanker, anti fertilitas, anti viral, anti diabetes, anti depresant, diuretik (peluruh kencing).

Dari daun lidah buaya juga bermanfaat sebagai bahan produk kecantikan. Baik yang diolah secara tradisional maupun diambil sarinya dari eksudatnya untuk produk kecantikan dalam kemasan modern.

Eksudat merupakan getah yg keluar dari daun ketika dilakukan pemotongan. Eksudat berbentuk cair, warna kuning dengan rasa pahit. Pada bagian ini terkandung sejumlah zat yaitu 8- dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins)

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Komponen Jumlah

Kadar air 95 %
Karbohidrat (g) 0.30
Kalori (kal) 1.73-2.30
Lemak (g) 0.05-0.09
Protein (g) 0.01-0.06
Vitamin A ( IU) 2.00-4.60
Vitamin C (mg) 0.50-4.20
Thiamin (mg) 0.003-0.004
Riboflavin (mg) 0.001-0.002
Niasin (mg) 0.038-0.040
Kalsium (mg) 9.920-19.920
Zat Besi (mg) 0.060-0.320

Sumber : Morsy (1991)

Manfaat Aloe vera (lidah buaya) sebagai tanaman non-toksik memang sangat banyak, lidah buaya bermanfaat untuk rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami (sebagai tanaman obat tradisional) yaitu obat dibeberapa bagian tubuh manusia. Lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal dapat dijadikan sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh ataupun untuk bagian dalam tubuh seperti penyubur rambut, penyembuh luka, dan dijadikan untuk perawatan kulit.

Manfaat lidah buaya sering kali dimanfaatkan sebagai bahan alternatif terhadap berbagai keluhan tubuh bagian dalam ataupun bagian luar. Semakin terkenalnya lidah buaya ini sampai membuat bangsa Mesir menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah buaya yang utama adalah untuk kesehatan tubuh manusia. Lidah buaya dapat digunakan untuk berbagai keluhan, baik dalam bagian luar atau bagian dalam tubuh manusia. Manfaat tanaman lidah buaya antara lain sebagai :

1. Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.
Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang dikonsumsi.

2. Sistem imun tubuh

3. Membantu mengeluarkan racun tubuh/ detoksifikasi

4. Membantu menggurangi berat badan

5. Membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular/ jantung

6. Sumber asam amino

7. Melawan peradangan

8. Membantu sistem pencernaan

9. Sumber vitamin dan mineral

10. Membantu mengobati diabetes

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat lidah buaya yang paling populer di Indonesia adalah membantu kesehatan rambut dan kulit yang mungkin sering kita temukan dalam manfaat vitamin E, antara lain :

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk rambut rontok telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.
Peran lidah buaya di sini adalah untuk menghilangkan/memecah sebum dan sel mati yang terdapat pada kulit kepala, dan memungkinkan untuk pertumbuhan rambut lebih lanjut. Sifat alkalizing lidah buaya dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu ia juga dapat membantu rambut menjaga air dan kelembaban.

2. Anti-pruritus (anti alergi/gatal)

3. Anti Inflamasi/peradangan

4. Mengurangi Ketombe

5. Conditioning (pelembut)

6. Mencegah rambut rontok

7. Manfaat untuk rambut (Meredakan Kulit Kepala Gatal, Mengurangi Scalp Kemerahan & Peradangan, Menambahkan Kekuatan & Luster Rambut, Menyeimbangkan pH, Meningkatkan Pertumbuhan Rambut, Menyembuhkan Kulit Kepala yang Terkena Psoriasis & Seborrhea, Mudah meresap pada rambut & Kulit Kepala sebagai nutrisi,Anti jamur properites meredakan Ketombe, Membantu Rambut, Mempertahankan kelembaban & melembutkan rambut)

8. Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Sunburn – Membantu mengurangi reaksi kulit akibat sengatan panas sinar matahari. Mengoleskan lidah buaya pada yang kulit terbakar sinar matahari dapat membantu untuk menyembuhkan lapisan epitel, atau sel-sel yang menutupi tubuh. Hal ini dapat membantu menambah kelembaban yang hilang, dan sifat antioksidan pada lidah buaya dapat membantu kulit sembuh lebih cepat.

Pelembap – Lidah buaya merupakan pelembap yang ideal untuk mereka yang memiliki kulit berminyak atau yang menggunakan make up berbasis mineral karena menambah kelembapan tanpa membuat kulit berminyak. Pria dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap setelah bercukur untuk membantu menyembuhkan luka kecil yang terjadi ketika bercukur.

Jerawat – Lidah buaya mengandung hormon giberelin dan auksin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Giberelin membantu tubuh menumbuhkan sel-sel baru pada kulit. Lidah buaya juga dapat mengurangi rasa gatal dan terik, sekain itu juga membantu meminimalkan efek dari masalah kulit seperti psoriasis, eksim dan jerawat.

Penuaan kulit – Antioksidan dalam lidah buaya antara lain termasuk vitamin C, E dan beta karoten. Bahan-bahan ini bekerja untuk menjaga kelembaban kulit dan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Stretch Marks – Stretch Marks disebabkan ketika lapisan kulit robek karena peregangan berlebihan. Ini biasanya muncul setelah peningkatan berat badan, kehamilan atau kehilangan berat badan. Mengoleskan lidah buaya dapat membantu mengurangi masalah stretch marks.

Pigmentasi – Lidah buaya dapat membantu mengurangi intensitas pigmentasi, meringankan bintik-bintik gelap pada wajah. Selain itu juga membantu kulit tampak bercahaya dan halus.

Masalah kulit – Berbagai masalah kulit termasuk luka bakar, eksim, radang, psoriasis atau luka dapat dibantu dengan produk yang mengandung lidah buaya. Lidah buaya membantu menenangkan rasa sakit yang terkait dengan gigitan serangga, radang dingin, luka bakar melepuh dan banyak lagi lainnya. Lidah buaya juga dapat menghilangkan pertumbuhan jamur atau bakteri yang terdapat padar luka terbuka.

Demikianlah banyak hal manfaat dari lidah buaya untuk rambut, kulit, dan kesehatan tubuh. Jadi marilah kita memanfaatkannya semaksimal mungkin.
Nikmati kekayaan herbal Indonesia.
Happening- lah herbal Indonesia!

Sumber info juga didapatkan dari:

Fessenden & Fessenden (1990) Kimia Organik, Terjemahan Hadyana Pudjaatmaja Jilid 1. Jakarta :Erlangga,Fessenden & Fessenden (1990) Kimia Organik, Terjemahan Hadyana Pudjaatmaja Jilid 2. Jakarta : Erlangga,Trevor Robinson (1996), Kandungan Organik Tumbuhan Tinggi, Bandung ITB (http : PKUKM. Web. UKM), (My/ tugasan/S2-99/a 68 681. htm),
(http ://www. Toplirik. Com/baca
).*AR.

By: dr.Riris Wd,MSi
Praktisi Herbal Medik dan Kecantikan, Peneliti, Akupunkturis, dan Dosen

Be the first to comment on "Inspirasi Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*