Gerakan Masyarakat (Gema) Bekasi dalam Dinamika Pembangunan

Oleh: Norman Adyaksa (Koordinator Pusat Gema Bekasi)

Tolok ukur keberhasilan pemerintah, mulai dari pusat, provinsi sampai tingkatan desa telah sukses melaksanakan asas demokrasi dalam bernegara. Setingkat desa sekali pun saat ini sangat mahir dalam mengangkat kepala desa melalui proses Pilkades.

Hal serupa terjadi di tingkat II, provinsi sampai tingkat pusat. Namun sistem kerja yang dimainkan adalah mekanisme partai, ini berbanding terbalik dengan konstelasi desa yang masih sangat sederhana, di mana masyarakatnya lah yang sangat berkontribusi besar dalam suksesi kepemimpinan melalui Pilkades.

Belajar dari itu semua, penting kiranya dinamika membangun diterapkan pada ruang lingkup masyarakat.
Masyarakat tidak hanya dijadikan objek politik. Dalam hal ini masyarakat mestinya mampu menjadi subjek (pelaku) dalam mendukung tugas pemerintah menjalankan, mewujudkan keinginan dan menuntaskan permasalahan masyarakat.

Kita ambil contoh sederhana di kabupaten Bekasi yang akan menyambut proses Pilkada serentak 2017. Masyarakat tidak boleh terkotak-kotak hanya karena beda pandangan. Silaturahmi di semua lapisan masyarakat baik tua maupun muda harus terjalin agar semua bisa bahu membahu menjaga kondusifitas iklim menyambut Pilkada guna stabilitas pembangunan di Bekasi.

Seperti kata pepatah, Di mana langit dipijak, di sana langit dijunjung. Kiranya ungkapan itu yang mampu mewakili jalinan silaturahmi melalui gerakan masyarakat (Gema) Bekasi. Soan atau silaturahmi mengunjungi tokoh tua sangat penting dan mutlak harus dilakukan. Seperti kedatangan Gerakan Masyarakat Bekasi ke rumah tokoh masyarakat Bekasi yang biasa disapa Lurah Kunang dan tokoh lainnya di kabupaten Bekasi dalam waktu dekat ini.

Sudah saatnya wacana Pilkada menjadi pemahaman baru di masyarakat, bahwasannya tangan masyarakat lah yang menentukan pembangunan Bekasi selanjutnya. Untuk itu mutlak dibutuhkan gerakan masyarakat guna keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Bekasi kedepan.

Be the first to comment on "Gerakan Masyarakat (Gema) Bekasi dalam Dinamika Pembangunan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*