Alumni Ponpes Khairul Bariyyah Raih Juara 1 M2IQ Pada MTQ Kota Bekasi

Bekasimedia – Mewakili Kecamatan Mustikajaya, Hendriyan Rayhan alumni Pondok Pesantren Khairul Bariyyah kelurahan Cimuning, berhasil menjuarai lomba Musabaqah Makalah Ilmiah Qur’an (M2IQ) pada MTQ ke- XVIII Kota Bekasi yang diselenggarakan dari tanggal 23-26 Agustus 2016 di kecamatan Bekasi Utara.

Makalah ilmiah yang berjudul, “Etika Bekerja Dalam Perspektif Al-Qur’an”, berhasil mengantarkan Hendriyan pada tahapan final. Diputaran ini, ia harus mempresentasikan hasil karya tulisnya didepan tiga dewan juri dan menjawab beberapa masalah yang diajukan tim penilai. Salah satu diantara pertanyaannya diajukan oleh Erti Herlina mengenai kitab tafsir yang digunakan untuk membahas materi tersebut. Dengan tenang dan hati-hati, Hendriyan menjelaskannya sangat baik. Begitu juga saat menerima soal lainnya, ia paparkan dengan sempurna.

Pada awalnya, remaja yang lahir pada 5 Januari 1997 ini harus menyelesaikan makalah dalam waktu delapan jam, disebuah ruangan dengan tema yang telah disiapkan oleh panitia. Kesulitan yang ia hadapi selain referensi yang minim, juga ketika harus menuliskannya dengan mesin tik. Sebab, ini kali pertamanya ia menggunakan alat manual. Hal ini merupakan kebijakan panitia agar peserta terhindar dari plagiarisme.

Pengumuman pemenang disampaikan pada acara penutupan MTQ ke-XVIII yang dihadiri oleh wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu. Hendriyan tidak menyangka ketika namanya disebutkan sebagai peraih juara 1 M2IQ dengan menyisihkan pesaingnya yang juga sangat piawai dalam membuat karya ilmiah.

Karena keberhasilannya, putra Bekasi yang sedang kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta ini, berhak menerima penghargaan berupa tropi dan uang pembinaan.

(Lia Z.A)

Be the first to comment on "Alumni Ponpes Khairul Bariyyah Raih Juara 1 M2IQ Pada MTQ Kota Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*