Banyak Pagoda Hancur Karena Gempa Myanmar, Ini Penampakannya…

Bekasimedia – Gempa bumi berkuatan 6,8 magnitudo yang mengguncang wilayah Myanmar, Rabu (24/8/16) mengakibatkan banyak kuil Pagoda hancur.

Gempa myanmar

 

Seperti diwartakan kantor berita AFP, gempa terjadi
Gempa terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, pada kedalaman 84 kilometer, dan getaran terasa hingga ibu kota Thailand, Bangkok; dan Yangon, Myanmar. Berdasarkan data earthquake.usgs.gov, pusat gempa berada 25 kilometer sebelah barat kota Chauk, Myanmar.

Gempa myanmar

Gempa bumi ini meruntuhkan banyak bangunan termasuk bangunan bersejarah dan rumah ibadah Pagoda.

BBC melaporkan berdasarkan laporan arkeolog Myanmar, paling tidak 66 stupa di Bagan mengalami kerusakan. Sejumlah video yang ditaruh di media sosial dari Bagan memperlihatkan awan debu dan bagian atas pagoda yang rusak saat gempa terjadi.

Kota kuno tersebut adalah pusat wisata populer, dimana terdapat ribuan monumen Pagoda umat Buddha. Pagoda sendiri adalah semacam kuil yang memiliki atap bertumpuk-tumpuk, bergaya Meru. Pagodabanyak ditemukan di negara-negara dengan umat Buddha yang banyak seperti Thailand, Myanmar atau Tiongkok.

Pagoda hancur

Meskipun gempa cukup sering terjadi di Myanmar, negara di Asia tenggara itu belum pernah mengalami gempa maut sejak gempa 6,8 SR pada November 2012 yang menewaskan hampir 40 orang.

Be the first to comment on "Banyak Pagoda Hancur Karena Gempa Myanmar, Ini Penampakannya…"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*