Dukung Penataan Kota, President University Gelar Diklat City Planning

Bekasimedia – Dalam suasana syahdu dan suka cita menjelang Dirgahayu RI ke 71, pekan lalu di kampus yang asri President University Cikarang mendapat kesempatan istimewa dalam mengokohkan terjalinnya kolaborasi strategis berupa penandatanganan MOU antara Kementrian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional-Bappenas yang diwakili Kepala Pusbindiklatren Dr. Ir Yahya Rachman Hidayat, MSc dengan Founder President University yang juga Komisaris Utama Jababeka S.D Darmono berikut jajarannya yang didampingi Rektor President University dan staf dari Fakuktas Teknik selaku pelaksana kegiatan Diklat City Planning 2016.

Dalam paparannya Yahya Rachman Hidayat dan S.D Darmono sepakat bahwa,
Manusia adalah Subjek Penataan Kota dan kesungguhan dalam penataan ini terkait juga dengan upaya mencerdaskan bangsa, dimana Entitas atau aset sebuah kota terdiri atas banyak hal, mulai dari manusia, sumber daya alamnya, lingkungannya, juga sosial, kebudayaan, teknologi, intelektualitasnya. Namun dari sekian banyak aset, manusia dan interaksi antar-manusianya merupakan subjek terpenting dalam perencanaan ruang atau perencanaan kota. Kota bukanlah sebuah ruang statis melainkan organik yang hidup justru karena adanya interaksi antar-manusia di dalamnya. Interaksi antar-warga ini memerlukan syarat yakni tersedianya ruang untuk saling melakukan transaksi sosial dan ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut selain penandatangan MOU kedua pihak terkait City Planning akan dilanjutkan dengan Kegiatan Diklat bertema “City Planning: Education and Training” ini direncanakan akan dilaksanakan dengan dua rangkaian kegiatan, yaitu Training of Trainers, yang diselenggarakan 16 Agustus 2016; lalu diikuti Diklat City Planning angkatan pertama yang akan dihadiri 25 orang perwakilan dari berbagai instansi pemerintah daerah se-tanah air akan dimulai tanggal 29 Agustus hingga 9 September 2016 bertempat di kampus President University-Kota Jababeka.

Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang terwujudnya peningkatan kapasitas serta performa SDM yang terkait proses tata kelola kota atau kawasan yang baik serta berstandar internasional di Indonesia, apalagi diklat ini merupakan buah perhatian dari Kementrian PPN/Bappenas dengan melibatkan berbagai pihak dari lintas sektor.

Sebagaimana telah menjadi perhatian dan dedikasi banyak pihak, Pemerintah selaku pembuat regulasi sangat tertunjang dengan inisiatif dan pengalaman dari berbagai ‘stakeholders’ terkait, dalam hal ini termasuk pihak Kampus dan Dunia usaha. PT Jababeka Tbk yang lewat pengalaman dan kinerjanya selama ini telah memiliki visi serta upaya sungguh-sungguh dalam pengembangan 100 kota baru diseantero tanah air, dimulai dari Kota Jababeka Cikarang, Tanjung Lesung-Pandeglang Banten, Morotai dan beberapa tempat lainnya.

President University yang juga menjadi bagian dari Jababeka Group merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan diklat ini hingga kesempatan untuk berinteraksi dengan para praktisi dibidang perencanaan kota ini dimanfaaatkan sebaik-baiknya dalam kaitan Tridarma Perguruan Tinggi.Pimpinan Kementrian PPN/Bappenas, pimpinan Jababeka beserta jajaran staf President University.

Beberapa orang pimpinan dari Kementrian PPN/Bappenas turut hadir dan menyampaikan pemaparannya seperti Drs. Oktorialdi, MA, Ph.D selaku Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan, lalu Ir. Deddy Bratakusumah, B.E, MURP, MSc, PhD dari Pusbindiklatren Bappenas juga Ir. Hayu Parasati MPS yang merupakan Direktur Perkotaan dan Perdesaan Bappenas.

Kegiatan ini merupakan Program Diklat Non Gelar yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia aparatur sipil Negara di bidang perencanaan baik di pusat maupun di daerah. Sementara ‘Training of Trainers’ bertujuan untuk mempersiapkan para pemateri yang nantinya akan menjadi pelatih pada Diklat City Planning yang akan dimulai akhir Agustus 2016 nanti. (*)

Be the first to comment on "Dukung Penataan Kota, President University Gelar Diklat City Planning"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*