Aksi Solidaritas Jurnalis Minta Presiden Jokowi Turun Tangan Usut Penganiayaan Wartawan

Bekasimedia – Para jurnalis di berbagai daerah di antaranya Bekasi mengecam aksi kekerasan oknum TNI Angkatan Udara (AU) yang menganiaya wartawan saat unjuk rasa warga di Sari Rejo, Kecamatan Polonia, Medan, Sumatera Utara pada Senin (15/8) lalu.

Aksi protes itu antara lain dilakukan oleh para pewarta di Kota Bekasi, Jawa Barat. Puluhan jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik berunjuk rasa di depan Mal Giant di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Dalam aksi damai itu, demonstran meminta agar oknum TNI AU yang melakukan tindak kekerasan kepada wartawan di Medan segera ditangkap dan dihukum sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

“Kita minta kepada Menteri Pertahanan, Panglima TNI dan Kepala Staf TNI AU untuk segera mengusut tuntas atas peristiwa tersebut,” tegas Koordinator Aksi, Syahrul Ramadhan kepada awak media di lokasi aksi Aksi, Rabu (17/8/2016).

Selain itu, Ketua Forum Jurnalis Bekasi ini mendesak agar Presiden Jokowi sebagai panglima tertinggi di Republik Indonesia (RI) untuk segera menyelesaikan dan turun tangan mengusut oknum yang melakukan kekerasan terhadap wartawan.” Saya minta Jokowi turun tangan, usut tuntas dan tangkap oknum TNI AU yang sudah mencederai Kawan Jurnalis,” tegas pria yang akrab disapa Buluk ini

Menurut Syahrul, tindakan yang dilakukan oknum TNI AU itu sudah mencoreng corp TNI yang selama ini menjadi kebanggaan rakyat Indonesia dan melenceng dari Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 tentang kebebasan pers.

“Kasus kekerasan terhadap wartawan sudah sering terjadi. Ini tidak bisa ditoleransi. Perlu tindakan tegas karena wartawan dalam bekerja dilindungi Undang-Undang,” ungkapnya.

Ditambahkan Syahrul, oknum tentara yang memukul dan menginjak-injak wartawan dan warga saat bentrokan antara warga dan TNI AU itu, jelas sudah mengarah kepada tindakan kriminalitas dan melanggar hak asasi manusia.

“Kita minta kasus ini, segera diusut tuntas dan tidak ada pola-pola untuk menutupi kasus ini.” pungkasnya. (RAM)

Be the first to comment on "Aksi Solidaritas Jurnalis Minta Presiden Jokowi Turun Tangan Usut Penganiayaan Wartawan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*