BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 31 Jul 2016 18:02 WIB ·

Jangan Lupakan Laos saat Melakukan ASEAN Trip


 Jangan Lupakan Laos saat Melakukan ASEAN Trip Perbesar

Bekasimedia – Keindahan panorama dan budaya Asia Tenggara membuat semakin banyak orang yang kini melakukan trip keliling negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Anda pun mungkin termasuk orang yang kini sedang mempersiapkan acara berlibur ke berbagai tempat wisata cantik yang ada di ASEAN. Wilayah yang saling berdekatan, biaya hidup yang relatif terjangkau, serta kemudahan perjalanan karena tidak perlu mengurus visa tiap negara membuat semua pun tidak akan menolak jika diajak melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan ini.

Hanya saja, meskipun namanya ASEAN trip, tidak jarang hanya beberapa negara saja yang pelancong datangi untuk memuaskan hasrat berliburnya tersebut. Negara-negara yang didatangi pun jatuhnya adalah negara-negara yang memang sudah populer dengan pariwisatanya sedari lama. Laos menjadi negara yang kurang beruntung sebab tidak jarang terlupakan oleh orang-orang yang sedang melakukan ASEAN trip. Letaknya yang berada agak di ujung utara dan tidak memiliki garis pantai kerap menjadi alasan negara ini menjadi tidak terjamahi.

Padahal, Laos memiliki segudang tempat wisata keren yang akan membuat Anda terkagum-kagum, loh. Akses transpotasi udara menuju negara kecil ini pun tersedia mumpuni yang dapa dilihat dari banyaknya maskapai penerbangan yang membuka rute penerbangan menuju Laos. Anda pun bisa mendapati negara ini ketika memutuskan membeli tiket Bangkok Airways melalui Traveloka atau agen perjalanan online lainnya. Menyenangkan saat memilih tiket pesawat Bangkok Airways untuk perjalanan menuju Laos, Anda bisa leluasa memilih dua kota tujuan di Laos yang dijadikan rute oleh maskapai asal Thailand ini, yakni Vientiane dan Luang Prabang. Namun, sebelum memutuskan membeli tiket pesawat Bangkok Airways dengan rute yang mana, ada baiknya Anda mengetahui dahulu spot-spot keren yang mesti Anda kunjungi selama di Laos.

1. Pha That Luang

pha that luang
Belilah tiket pesawat Bangkok Airways dengan tujuan Vientiane jika ingin berkunjung ke candi Buddha yang dibangun pada tahun 1930-an ini. Tidak seperti candi pada umumnya, Pha That Luang begitu menarik perhatian karena seluruh dindingnya berlapis emas. Tak ayal, objek wisata yang satu ini kerap disebut-sebut sebagai candi termegah yang ada di Laos. Berada di pusat Kota Vientiane, dijamin Anda tidak akan kesulitan mencari dan mengakses Pha That Luang.

2. Xien Khuan

xie xuan laos
Kerap disebut juga sebagai Taman Buddha, Anda tidak akan menemukan satu candi pun dalam taman yang berada 25 kilometer dari ibu kota Laos, Vientiane. Xien Khuan disebut sebagai taman Buddha karena di dalamnya terdapat lebih dari 200 patung Buddha yang berharmonisasi manis dengan hijaunya rumput dan pohon-pohon di taman taman tersebut. Anda akan merasa sedang berada di kawasan megalitikum jika mengunjungi tempat wisata yang satu ini, meskipun sebenarnya patung-patung tersebut merupakan karya Luang Pu Bunleau yang diperkirakan dikerjakan pada pertengahan tahun 1950-an.

3. Bukit Phou Si

laos
Diapit Sungai Nam Khan dan Sungai Lekong, kawasan Bukit Phou Si akan membuatmu terkesima dengan panorama alam yang ditawarkan. Selain hijau pepohonan dan suara gemericik air yang samar terdengar, Anda pun akan dibuat takjub dengan beberapa candi Buddha yang terdapat di kawasan bukit ini. Berada di ketinggian 100 meter, Anda pun masih dapat melihat dengan jelas gambaran kota tua Luang Prabang yang menawarkan pemandangan Laos yang sarat akan masa silam. Tentunya lokasi wisata yang satu ini menjadi perpaduan yang menarik antara wisata alam dan sejarah, bukan? Yang perlu diingat, carilah rute pesawat yang langsung menuju bandara di Luang Prabang guna menghemat waktu liburan Anda.

4. Patuxai

patuxai laos
Bagi masyarakat Laos, Patuxai merupakan gerbang penanda kebebasan mereka. Sementara itu, bagi para pelancong dunia, Patuxai menjadi objek wisata sejarah yang tidak boleh terlewatkan jika sedang berkunjung ke Laos. Selesai dibangun pada tahun 1968, benteng gerbang yang berada di muka Kota Vientiane ini didirikan dengan tujuan mengenai para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan negara tersebut dari tangan penjajah asal Prancis. Uniknya, Patuxai memiliki arsitektur yang mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris. Hal tersebut disinyalir karena masyarakat Laos sudah terbiasa dengan arsitektur-arsitektur Prancis yang menjajah negara mereka sehingga secara tidak langsung terpengaruh dalam pembuatan gerbang yang gagah ini.

5. Wat Xieng Thong

laos
Kawasan Luang Prabang memang sudah terkenal sebagai tujuan wisata di Laos karena kebersihan dan keramahan penduduknya. Kerap disebut sebagai kota tua, Luang Prabang tentunya memiliki berbagai bangunan berarsitektur ala Laos yang kental. Salah satunya bisa Anda dapati di bangunan Wat Xieng Thong. Kuil yang terletak di ujung utara Luang Prabang ini dipenuhi ukiran khas Laos yang akan membuat Anda berdecak kagum. Bagian atapnya pun sangat menampilkan budaya Laos yang harmonis. Sejarahnya sendiri, Wat Xieng Thong merupakan bangunan yang didirikan pada masa pemerintahan Raja Setthatirath yang berfungsi sebagai simbol agama dan budaya tradisional kerajaan tersebut.

Menjadi tertarik bukan untuk singgah ke Laos dalam perjalanan Anda berkeliling Asia Tenggara? Laos menjadi bukti bahwa tempat wisata yang asyik bukan hanya pantai. Panorama perbukitan yang hijau, sungai yang bersih, hingga bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur yang unik tak ayal akan membuat Anda terperangah dan terkenang terhadap momen liburan Anda.

The post Jangan Lupakan Laos saat Melakukan ASEAN Trip appeared first on BEKASIMEDIA.COM.

Sumber Suara Jakarta

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PKB Usung KH. Maulana Ahmad Hasan Jadi Calon Bupati Kabupaten Banyumas 2024

25 April 2024 - 02:50 WIB

Eka Widyani: Politik Berbasis Kinerja Masih Teori, Money Politic Lebih Kuat

24 April 2024 - 13:48 WIB

Hujan Lebat dan Angin Kencang Robohkan Lantai 3 Rumah Autis, Siswa Diliburkan

20 April 2024 - 14:39 WIB

Terpilih Lagi, Evi Mafriningsianti Komitmen Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Di Dapil 1

19 April 2024 - 06:16 WIB

Jelang Idul Fitri Anis Byarwati Bagikan Paket Sembako dan Bingkisan Lebaran Untuk Masyarakat Jakarta Timur

18 April 2024 - 12:20 WIB

Diyanto Bangga Jadi Peserta JKN

17 April 2024 - 16:28 WIB

Trending di Berita Terbaru