Dewan Pengawas Sebut SK PJS Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Sudah Benar

Bekasimedia– Senin (25/7), Komisi A DPRD Kota Bekasi, memanggil Dewan Pengawas (DP) PDAM Tirta Bhagasasi, terkait proses penyeleksian calon direksi. Agenda pemanggilan ini, menurut Ketua Komisi A, Ariyanto Hendrata, untuk meminta klarifikasi kepada DP PDAM Tirta Bhagasasi, tentang SK PJS Dirut PDAM yang dilakukan sepihak oleh Bupati Bekasi.

Ariyanto melanjutkan, pihaknya juga akan mengklarifikasi terkait adanya dugaan kecurangan – kecurangan menurut laporan dari elemen masyarakat terkait proses seleksi direksi PDAM Tirta Bhagasasi.

“Jadi tujuan pemanggilan ini, untuk memperjelas atau mengklarifikasi apa yang selama ini berkembang, di mana ada tudingan permainan soal keluarnya SK PJS yang diduga cacat hukum dan harus diklarifikasi,” terang Ariyanto, Senin (25/7).

Menurutnya, dewan pengawas yang memiliki fungsi cukup strategis, seharusnya mengetahui persoalan itu. Sehingga Komisi A, meminta penjelasan, DP kenapa bisa ada yang tidak mengetahui, kalau ada dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bupati Bekasi, melalui pembuatan SK PJS Dirut secara sepihak ini?

“Tadi setelah kita panggil, ada kesimpang siuran terkait informasi keluarnya SK untuk Direktur Usaha (Dirus) PDAM Tirta Bhagasasi sebagai PJS Direksi. Karena tidak ada sinkronisasi ini maka kita pertanyakan kepada DP tersebut, kalau dari pihak DP Kota tidak mengetahui, sedangkan dari DP Kabupaten sudah mengetahui,” tambahnya.

Terpisah, salah satu anggota DP PDAM Tirta Bhagasasi, Nurhawi Affandi, mengatakan, penunjukkan PJS Direksi itu sudah benar, karena merujuk pada surat dari hasil konsultasi ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat. Pada pasal dua dalam konsultasi BPKP itu.
Pria yang akrab disapa Awi ini menegaskan, menegaskan kalau Pemerintah Kabupaten Bekasi, memiliki kewenangan lantaran sudah dibuat kesepakatan antara kedua pemilik saham PDAM Tirta Bhagasasi, Pemkot dan Pemkab Bekasi bernomor 43/KB.617/Admrek/XII/2015 dan nomor 420 tahun 2015 tentang pengakhiran surat perjanjian kerjasama.

“Maka berdasarkan hasil konsultasi dengan BPKP itu, Bupati melakukan penunjukkan langsung PJS tanpa melibatkan pihak Kota Bekasi. sedangkan suratnya sih kita sudah kirimkan untuk tembusan.” tutupnya.(*/dns)

Be the first to comment on "Dewan Pengawas Sebut SK PJS Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Sudah Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*