Karyawan PDAM Anggota Kopkar Tirta Mukti Unjukrasa Tuntut Transparansi Keuangan

Bekasimedia –Puluhan Karyawan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Bhagasasi, yang merupakan anggota Koperasi Karyawan (Kopkar) Tirta Mukti, melakukan aksi unjukrasa di depan kantor Kopkar, Jalan RA Kartini, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur pada Kamis (21/7).

Puluhan karyawan ini, menuntut transparasi dari ketua dan pengurus Kopkar Tirta Mukti, yang selama ini tidak melakukan rapat akhir tahun (RAT), sebagai bentuk laporan keuangan kepada anggota Kopkar.

Koordinator aksi, Anwar, mengatakan, aksi unjuk rasa ini merupakan bentuk kekecewaan karyawan terhadap kinerja Ketua Kopkar, Taufik Koswara. Selain itu, dirinya juga menyayangkan tidak adanya hak-hak anggota Kopkar untuk mengetahui capaian-capaian yang dilakukan pengurus koperasi.

“Ini jelas-jelas sudah suatu bentuk penyimpangan yang dilakukan Koswara, dan sebagai pimpinan Kopkar dirinya sudah tidak layak. Karena amanat undang-undang untuk melakukan RAT saja tidak dijalankan,” terang Anwar, Kamis (21/7).

Dirinya bersama anggota koperasi yang lain, mempertanyakan ke mana uang iuran karyawan selama ini digunakan, karena tidak ada pelaporannya. Pernyataan Anwar tersebut, didukung oleh Ketua Forum Masyarakat Bekasi (Formabes), Asep Aprianto, yang mengatakan, akan mengadvokasi anggota Kopkar Tirta Mukti.

Ia sudah mendapatkan data-data yang bisa dibawa ke pihak penegak hukum dalam hal ini, Kejaksaan Negeri (Kejari). Nantinya, menurut Asep, biar pihak kejaksaan saja yang membantu anggota untuk menemukan jawaban keresahan selama ini.

“Kita akan kawal kasus ini sampai ke Kejaksaan, sudah jelas-jelas pengurus Kopkar Tirta Mukti menzolimi anggotanya sendiri. Kecurigaan kami semakin kuat dengan bungkamnya Taufik Koswara sebagai Ketua Kopkar atas keluhan anggotanya. Dan kita mencurigai dana anggota itu diselewengkannya,” tukas Asep. (rh)

Be the first to comment on "Karyawan PDAM Anggota Kopkar Tirta Mukti Unjukrasa Tuntut Transparansi Keuangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*