Jawa Barat Akan Memiliki 3 Kabupaten Baru

Bekasimedia – Jawa Barat akan memiliki 3 kabupaten hasil pemekaran dan tinggal menunggu pengesahan di DPR RI. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Deddy Mizwar. Tiga daerah itu adalah Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Sukabumi Utara, dan Kabupaten Bogor Barat.

“Saat ini prosesnya masih menunggu pengesahan di DPR RI, sehingga jika terealisasi maka Jawa Barat akan bertambah tiga daerah baru,” terang Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, seperti dilansir juaranews, Rabu (20/4/16).

Persoalan itu dibahas oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat menggelar pertemuan antara Pemprov Jabar dengan Komite 1 DPD RI yang dipimpin oleh Ahmad Muqoam di Ruang Sanggabuana, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. ‎

Wagub mengatakan jika sebenarnya ketiga daerah tersebut sudah lama diusulkan ke pemerintah pusat, namun memang sampai saat ini belum selesai pembahasannya di tingkat pusat.

“Kami (Pemprov Jabar) terus mendorong pusat agar ketiga daerah tersebut segera disahkan. Karena selama pemekaran wilayah itu baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat maka hal itu akan didukung,” tuturnya.

Menurutnya kenapa daerah otonom baru itu harus cepat direalisasikan karena memang ketiga wilayah tersebut sudah siap. Seperti memiliki luas daerah dan akses yang sudah memadai, termasuk sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Saat ini, kata dia, jumlah daerah otonom di Jabar masih tertinggal jauh dari Jateng yang sudah memiliki 35 kabupaten/kota. Andai ketiga wilayah itu disahkan pun Jabar baru memiliki 30 kota/kabupaten dan masih belum bisa menyamai Jateng. “Jadi memang masih memungkinkan beberapa wilayah di Jawa Barat ini untuk di lakukan pemekaran,” imbuhnya. 

(*)

Be the first to comment on "Jawa Barat Akan Memiliki 3 Kabupaten Baru"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*