Pepper, Robot Humanoid Pertama yang Bersekolah

Bekasimedia- Jepang memang terkenal dengan kecanggihan teknologi, termasuk robot-robot uniknya. Kali ini, salah satu perusahaan di negeri Matahari Terbit itu kembali membuat gebrakan baru dengan menciptakan robot humanoid bernama Pepper. Pepper juga disebut sebagai robot sosial.

Adalah perusahaan Softbank Robotics akan menjadikan Pepper sebagai robot pertama yang bersekolah layaknya anak-anak pada umumnya. Bahkan Pepper sudah tercatat sebagai siswa SMA Hishashi di Waseda, Jepang. Meskipun telah dilengkapi kemampuan berbahasa yang baik, Pepper akan berpartisipasi di kelas bahasa Inggris.

“Aku tak menyangka aku akan diterima di sekolah manusia,” kata robot Pepper saat mendaftar di pusat pendidikan.

Lantas, kenapa robot sepintar Pepper tetap harus bersekolah? Pepper ternyata mempunyai alasan tersendiri. Salah satunya karena para guru percaya, kehadiran Pepper di sekolah bisa memberikan pengaruh positif pada para murid dan mendorong semangat untuk terus belajar.

Selain bersekolah, ternyata Pepper juga punya kesibukan lain di separuh waktunya. Baru-baru ini Pepper direkrut oleh perusahaan merk minuman ternama di Jepang karena kemampuannya untuk membaca dan merespon manusia diharapkan bisa membantu penjualan mesin kopi perusahaan tersebut.

Di situs resmi SoftBank, Pepper disebut sebagai robot humanoid pertama di dunia yang dirancang untuk hidup berdampingan dengan manusia. Pepper merupakan robot sosial yang bisa berinterkasi dengan manusia dan memang dibuat dengan tujuan awal untuk melayani konsumen di bank atau di toko-toko. Pepper juga memiliki kemampuan untuk mengenali dan memberikan reaksi yang sesuai dengan emosi atau perasaan manusia.

(nationalgeographic.co.id / Intisari-Online.com)

Gambar: digitaltrends.com

Be the first to comment on "Pepper, Robot Humanoid Pertama yang Bersekolah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*