Relawan RZ Bekasi Antusias Belajar Jurnalistik

Bekasimedia – Dalam rangka pembinaan skill kerelawanan, Relawan Rumah Zakat (RZ) Bekasi pada hari Minggu (3/4/16) pukul 13.30–17.30 WIB mengadakan Workshop Jurnalistik. Acara berlokasi di Base Camp Relawan RZ Bekasi, Jalan Cendana 14 no.74 Kampung Pulo Gede, Jakasampurna. Dihadiri 29 orang peserta dari Relawan RZ juga dari organisasi lain seperti Gemma Jakapermai dan Unisma Bekasi. Narasumber acara berasal dari portal media online Bekasimedia.com yaitu Iradah Dwi Putriani (Freelance Journalist) dan Ani Rohimah (Editor).

Acara dipandu oleh Febri Yoga selaku ketua pelaksana, dibuka dengan pembacaan Al-Quran oleh Muhammad Ikbal, kemudian penyampaian materi oleh Iradah Dwi Putriani tentang Dasar Jurnalistik yang berisi poin-poin tujuan penulisan berita, definisi berita, tahapan berita, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab dan peserta berlatih menuliskan satu paragraf berita.

Setelah Ashar, acara dilanjutkan kembali dengan materi Pengenalan Bahasa Berita oleh Ani Rohimah. Pada materi tersebut, peserta belajar mengetahui ciri-ciri teks berita, jenis tulisan, membuat tulisan yang menarik dan efektivitas penggunaan bahasa dalam berita.

Acara dikemas dengan santai dan sederhana, berlangsung di ruangan terbuka, dengan suhu udara yang panas menyengat. Acara juga sedikit mundur dari waktu yang ditentukan yakni pukul 13.00 – 17.00 WIB, namun semua itu tak menyurutkan antusias peserta untuk belajar ilmu jurnalistik.

“Pembinaan skill kerelawanan, yang biasa kami sebut dengan Kampus Relawan (Kamrel), merupakan pembinaan rutin yang diadakan sebulan sekali dengan materi-materi yang beragam. Tema bulan ini Jurnalistik, sebagai kelanjutan dari materi sebelumnya,” ujar Febri Yoga selaku ketua pelaksana.

Yoga melanjutkan, menguasai ilmu jurnalistik memegang peranan sangat penting dalam setiap aksi kerelawanan, “relawan dituntut keahliannya menyampaikan informasi yang benar ke masyarakat dalam bentuk tulisan, dengan adanya workshop ini menjadi sarana relawan untuk belajar mengasah kemampuan ilmu tentang jurnalistik.”

Relawan RZ adalah sebuah komunitas anak muda atau orang-orang yang memiliki semangat muda yang fokus terhadap aksi-aksi siaga bencana dan ragam aksi kemanusiaan lainnya. Komunitas ini berada di bawah naungan KRN (Komite Relawan Nusantara), yaitu sebuah yayasan yang didirikan RZ (Rumah Zakat).

(Nurannida)

Be the first to comment on "Relawan RZ Bekasi Antusias Belajar Jurnalistik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*