2 SKPD Mangkir Penuhi Undangan, Komisi D Kehilangan Taji

Bekasimedia- Martabat DPRD Kota Bekasi rupanya sedang diuji. Hal ini disebabkan mangkirnya 2 SKPD yang tidak memenuhi undangan yang dilayangkan DPRD.

Dalam kurun waktu dua hari pekan ini, dua SKPD Pemerintah Kota Bekasi mangkir memenuhi undangan yang disampaikan oleh Komisi D DPRD Kota Bekasi. Padahal undangan yang disampaikan resmi dan menggunakan nota ketua dewan, atau apabila ditafsirkan undangan tersebut bersifat wajib untuk dipenuhi.

Dua SKPD yang mangkir adalah Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Penyebab ketidakhadiran pun masih menjadi tanda tanya besar bagi komisi D.

“Kami seakan sudah tidak dihargai oleh instansi pemerintah. Undangan ini resmi dengan nota pimpinan dewan, tetapi tidak ada satu pun perwakilan Dinas Kesehatan yang hadir. Ini sama saja melecehkan lembaga terhormat,” ujar salah seorang anggota Komisi D, Syaherallayali, Rabu (30/3).

Syaherallayali menyatakan, undangan dimaksudkan mengevaluasi program serta penyerapan anggaran, terutama kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2015.

Dengan ketidakhadiran Dinas Kesehatan pada hari ini, maka menurutnya bakal menyulitkan pengawasan yang dilakukan oleh Komisi D menyangkut rencana program yang disusun oleh instansi tersebut.

“Kami ingin evaluasi kinerja mereka, selanjutnya ingin mengetahui rencana program apa saja yang diprioritaskan pada tahun ini. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir, banyak ditemukan masalah yang menyangkut penggunaan anggaran. Jika mereka tidak kooperatif, bagaimana sinergitas antara legislatif dengan eksekutif terbangun?” tegasnya.

Ungkapan senada juga dilontarkan ketua Komisi D, Nuryadi Darmawan. Ia mengecam lantaran kedua instansi tersebut merupakan SKPD yang mendapat anggaran terbesar. Namun dalam pengimplementasian kinerja dinilai jauh dari harapan.

“Dua instansi ini sangat melecehkan kami. Padahal tujuan kami meminta mereka hadir karena banyak persoalan yang terjadi. Jika begini respons mereka, maka kami juga bisa melakukan tindakan sesuai dengan kapasitas kami,” kecam Nuryadi. (lam/dns)

Gambar: bekasikota.go.id

Be the first to comment on "2 SKPD Mangkir Penuhi Undangan, Komisi D Kehilangan Taji"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*