Dua Mengundurkan Diri, Total 4.402 Sekolah Ikut UNBK Tahun Ini

Bekasimedia– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan segera berlangsung. Beberapa sekolah mulai dari tingkat SMP/Sederajat juga SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia menyatakan siap melaksanakan Ujian Nasional berbasis online ini. Bahkan pihak Kemdikbud menilai tahun ini mengalami peningkatan jumlah sekolah peserta UNBK sementara di lain pihak, ada dua sekolah yang mengundurkan diri.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam, dua sekolah yang mengundurkan diri karena merasa kurang percaya diri melaksanakan UNBK 2016. Atau, kata dia, karena merasa belum siap, baik dari fasilitas, peserta UN maupun gurunya

“Atau memang merasa belum siap, baik dari segi fasilitas, siswa maupun gurunya,” ujar Nizam kepada wartawan di Gedung C, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (28/3) seperti dikutip dari Republika.

Tahun ini, jumlah sekolah baik tingkat SMP/sederajat dan SMA/SMK/sederajat yang menyelenggarakan UNBK 2016 sebanyak 4.402. Dua sekolah yang mengundurkan diri, kata Nizam, berasal dari wilayah Pekanbaru dan Jawa Timur.

Tahun ini, kata Nizam, peserta UNBK meningkat drastis, pasalnya, tahun lalu hanya 500-an sekolah yang melaksanakan sistem ini. Kota Surabaya menjadi wilayah yang 100 persen melaksanakan UNBK pada tahun ini.

Sementara itu, Nizam juga menambahkan, sekitar 900 ribuan siswa dipastikan akan mengikuti UNBK 2016. Angka tersebut terdiri dari 144.992 di tingkat SMP dan 11.971 siswa MTs. Pada tingkat SMA terdapat 284.114 siswa, 19.342 di Madrasah Aliyah (MA) dan 498.830 di SMK. Selanjutnya sebanyak 287 siswa mengikuti UNBK di SMP Terbuka.

Penyelenggaraan UN termasuk UNBK dan UN Kertas Pensil (UNKP) di SMA akan dilaksanakan 4-6 April 2016 sedangkan SMK hingga 7 April. Ujian susulan pada tingkatan ini akan dilakukan pada 11 – 13 April sedangkan SMK sampai 14 April.

Sumber: Republika Online

Be the first to comment on "Dua Mengundurkan Diri, Total 4.402 Sekolah Ikut UNBK Tahun Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*