KAMMI Bekasi Salurkan Bantuan Pada Korban Banjir Muaragembong

image

Bekasimedia – Musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Bekasi membuat masyarakat tergerak hatinya. Pada musim penghujan seperti saat ini, Muaragembong salah satu kecamatan di bibir pantai utara menjadi menjadi daerah langganan banjir.

Ketua Umum KAMMI Daerah Bekasi‚ Zain NurKliwon merasa terpanggil untuk mengajak seluruh kader-kader KAMMI se-Bekasi untuk bergerak bersama merespon atas bencana banjir yang terjadi. Dalam merespon segala bencana yang terjadi, Ia menginstruksikan kepada kadernya untuk membentuk tim khusus penanganan bencana yakni Korp Reaksi Cepat (KRC) KAMMI Bekasi.

“Bencana banjir semacam ini tidak bisa dianggap sepele‚ jalanan terendam banjir kita tidak bisa kerja‚ kampung kita kebanjiran kita juga tidak bisa kemana-mana dan saya telah menginstruksikan ke pengurus untuk membentuk tim khusus Korp Reaksi Cepat (KRC) yang dapat sigap terhadap bencana khususnya banjir yang keseringan terjadi gini‚” ujar ketua yang biasa disapa Zain.

“Karena ini Reaksi Cepat maka kerja KRC KAMMI Bekasi ini terjun langsung ke lokasi-lokasi banjir‚ ceks kebutuhan warga yang kena banjir dan segara menyalurkan bantuan ke titik lokasi banjir‚” tambahnya.

Sementara itu‚ Ketua KRC KAMMI Bekasi Anton segera merespon instruksi Ketua Umum KAMMI dengan mencari titik-titik daerah yang terkena banjir dan sesegara mungkin mengirimkan bantuan berupa sumber daya manusia dan logistik ke daerah tersebut. Sebagai awalan KRC KAMMI Bekasi telah menggelar baksos untuk korban banjir di daerah Kampung Bulak desa Pantai Harapajaya Muaragembong, Rabu (9/3).

“Kami telah mengantongi daerah kena banjir dan untuk saat ini fokus kami pada satu desa pantai harapanjaya di daerah muara gembong yang kami anggap lebih perlu didahulukan untuk kami respon. Dan tentunya kami juga lagi mempersiapkan untuk membantu daerah yang lain‚” katanya.

Dikatakan Anton‚ sebanyak 200 bantuan paket sembako telah disalurkan. Meski tidak dapat merata ke seluruh korban harapannya mampu meringankan para korban banjir.

“Dengan difasilitasi tempat dari penduduk setempat‚ semua paket sembako yang kami siapkan sebanyak 200‚ Alhamdulillah dapat tersalurkan ke warga dengan lancar dan aman. Kami masih harus giat lagi untuk menambah paket sembako yang kami salurkan karena yang kami siapkan belum mampu mencukupi seluruh korban banjir dan saya selaku kordinator aksi, mengucapkan apresiasi kepada teman-teman KAMMI bekasi yang dengan penuh semangat dan berjuang selama 3 jam perjalanan dengan jalan yang rusak  serta terimakasih kepada donatur baik individu maupun lembaga yang support acara ini‚” terangnya.

Selain itu Hendri perwakilan dari warga Harapan Jaya mengatakan banjir kali ini cukup lama yakni sekitar tiga minggu merendam wilayahnya‚ banjir juga membuat warga terisolir oleh Sungai Ciherang sehingga  akses keluar harus menggunakan perahu yang dibuat ala kadarnya untuk mengangkut warga beraktivitas.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para pemuda yang tergabung dalam KAMMI atas support dan bantuannya kepada warga Pantai Harapan Jaya‚ semoga menjadi ladang amal bagi kita semua,” pungkas bapak beranak dua ini.

Zain saat dilokasi untuk mengikuti proses penyaluran bantuan tersebut sangat prihatin atas kondisi Muaragembong. “Saya merasa heran sekaligus prihatin‚ meski kita tahu Muaragembong bagian dataran rendah yang potensi banjirnya sering tapi setidaknya 2 (dua) sungai besar (Ciherang dan Citarum) yang melintasi daerah sini seharusnya sudah mampu mengurangi kebanjiran yang terjadi. Dan saya tadi sudah meminta KRC untuk ceks apakah ini masalah banjir ini karena sebab kondisi dataran rendah, sebab kelalaian warga atau hal lainnya sehingga warga tidak lagi berlangganan banjir‚” terangnya panjang lebar. (abp)

Be the first to comment on "KAMMI Bekasi Salurkan Bantuan Pada Korban Banjir Muaragembong"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*