Rumah Baca HOS Tjokroaminoto Gelar Milad 1 Tahun, Dari Rumah Baca Menuju Aksi Warga

image
Bekasimedia – Rumah Baca HOS Tjokroaminoto menggelar Milad 1 tahun sebagai tanda syukur eksistensinya di tengah-tengah masyarakat Bekasi, khususnya di Villa Mutiara Gading 1 Blok H, Desa Setia Asih, Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Minggu (28/2/16), bertempat di kompleks sekolah gratis untuk kaum dhuafa, Sekolah Alam Anak Sholeh. Milad rumah baca yang sekaligus menjadi daya dukung jejaring Sekolah Raya ini digelar dengan beragam agenda.
Art opening dari Teater Zat, mahasiswa UNJ, membuat pembukaan milad berlangsung dengan sentuhan berbeda. Disusul dengan sepatah dua patah kata dari koordinator kegiatan yang sekaligus Direktur Rumah Baca HOS Tjokroaminoto, Prita Hendriana W, “Eksistensi sebuah rumah baca sangat penting karena ia berfungsi bukan sekedar tempat baca, tapi sebagai terminal belajar bagi warga untuk memenuhi kebutuhan informasi terkini. Apalagi selain buku, disini juga dilengkapi wifi dari CSR yang mendukung langkah kita,” ucapnya.
Kemudian, rangkaian acara dibuka dengan do’a serta pemotongan tumpeng, yang potongan pertamanya diserahkan kepada pihak keluarga HOS Tjokroaminoto yang memang menyempatkan hadir memberi dukungan kepada rumah baca dengan semangat kebudayaan nusantara yang diusung si guru bangsa. Tak lupa keynote speaker dari Kepala Desa Setia Asih, Hj. Qamariyah. Memang milad ini juga dihadiri para pemangku jabatan desa, dimulai Kades sampai Kadus, hingga Ketua RW dan RT. Sesuai dengan tema yang diusung, “Dari Rumah Baca Menuju Aksi Warga”.
Tema di atas juga menjadi bahasan utama dalam Bincang Literasi yang menghadirkan Ganda Purnama, perwakilan Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pusat yang sekaligus mendirikan Perahu Baca di Tangerang serta Theo Ideo, pegiat literasi dari Rumah Baca Lintang Sidoarjo. Keduanya telah lebih dulu memiliki pengalaman berawal dari rumah baca hingga mempengaruhi aksi warga secara masif untuk aktif menjadi agen pemberdayaan di lingkungannya sendiri.
Agenda yang lain, ada Mendongeng Ceria bersama Kak Budi dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk adik-adik Sekolah Alam Anak Soleh, PAUD sekitar, dan anak-anak kompleks. Juga Lomba Pecel Lele Paling Maknyus untuk ibu-ibu kompleks dan wali murid, diakhiri pemutaran film edukasi untuk semua warga. Didukung Komunitas Ibu Profesional dan berbagai pihak, milad ini diharapkan menjadi momentum keterlibatan rumah baca dengan warga dusun hingga desa secara luas. Semoga. (*)
  

Be the first to comment on "Rumah Baca HOS Tjokroaminoto Gelar Milad 1 Tahun, Dari Rumah Baca Menuju Aksi Warga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*