PKPU Gunungkidul Latih Warga Cara Membuat Jamban

image
Kelompok Berdaya Praktik Membuat Jamban Organik
Bekasimedia – Minggu (21/2/16), merupakan hari Peduli Sampah Nasional. Dalam memperingatinya, tak mau kalah dengan penggerak sanitasi di tempat lain, Kelompok ¬†Arisan Jamban di Gunungkidul Jogjakarta turut memeriahkan hari kesehatan ini. Bertepatan dengan semangat “Hari Peduli Sampah Nasional”, Komunitas ini mewujudkannya dengan melakukan praktek membuat jamban organik.
Praktek pembuatan jamban dan septicktank dilakukan di Sekretariat “San Bio E Sanitasi Bio Organik” Wonosari, Gunungkidul. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempelajari alat-alat pembuat septictank, dan mengerti cara penggunaannya. Serta sebagai modal jangka panjang anggota dalam menjalankan wirausaha sanitasi
Kegiatan diawali dengan penjelasan singkat tata cara penggunaan alat, takaran bahan, dan teknik pemasangan. Dilanjutkan dengan praktek langsung oleh anggota kelompok yang berjumlah 12 orang bersama PKPU dan IZI , dipandu oleh instruktur lapangan. Kelompok ini mengikuti pelatihan dengan antusias. Semoga ilmu yang didapat kali ini dapat dipraktikkan oleh kader dan menjadi sumber penghasilan baru. Kedepannya terbentuk wirausaha sanitasi di Jeruk Legi guna mendukung terciptanya Kampung Berdaya Jeruk Legi yang bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan.
“Nanti jika ada satu atau dua orang kader yang memiliki kemauan dan kemampuan. Akan kami ikut ajak untuk menjadi pembicara. Kami membutuhkan tenaga dari warga untuk menjadi pembicara saat edukasi sanitasi maupun pemicuan, diwilayah kami Paliyan 1,” kata Muchamad Cholid Widodo, Pelatih Wirausaha Sanitasi.
“Setelah diberikan pengertian tentang jamban sehat dan praktek, kami menjadi semakin tahu. Terimakasih Pak Kholid, dan mohon maaf daya tangkap kami sangat rendah karena faktor umur. Tapi saya percaya kader punya semangat yang bisa mengalahkan segala kekurangan,” Suparja selaku Ketua Kelompok Arisan Jamban menanggapi dalam sesi diskusi.(Rohmad/kis/PKPU)

Be the first to comment on "PKPU Gunungkidul Latih Warga Cara Membuat Jamban"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*