Kemensos Lakukan Penyuluhan untuk Eks-Gafatar

IMG-20160205-WA0009

Bekasimedia – Kamis sore (04/02) bertempat di Asrama Haji Kota Bekasi, Kementerian Sosial menggelar acara penyuluhan untuk para Eks-Gafatar. Acara ini diisi oleh Kementerian Sosial, Polres Bekasi, SudinKes, dan STIKes Bani Saleh.

Sunarti selaku Kashubid Pertahanan Sosial Masyarakat mengatakan, “Sebenarnya mereka sudah kami tampung sejak hari Senin di sini. Kami ajak senam pagi, pemberian motivasi, menonton film, dan mapping kebutuhan masing-masing keluarga,”

Kegiatan ini, kata dia sebagai deteksi dini bagi para Eks-Gafatar yang ada di Kalimantan Barat, agar aman dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan juga mencegah permasalahan yang lebih luas. Tidak hanya itu saja, para Eks-Gafatar diberikan pembekalan mengenai nilai dan norma agar mereka dapat diterima lagi di daerahnya.

“Karena hari ini adalah hari terakhir mereka singgah di sini jadi sejak pagi mereka sudah sibuk berkemas-kemas untuk segera kami pulangkan. Dan acara terakhir ini kami mengajak Polisi Cilik untuk mengibur anak-anak Eks- Gafatar” ujar Sunarti.

Kemensos juga melakukan pendataan kependudukan para Eks-Gafatar melalui data KTP ataupun keberadaan keluarga terdekat mereka. Lokasi pemulangan pertama Eks-Gafatar adalah Kota Tangerang dan dilepas secara resmi oleh Kemensos.

“Untuk kelancaran pemulangan, Kemensos juga melakukan assesment identitas diri Eks Gafatar. Sebagai bahan informasi dan pertimbangan langkah-langkah lanjutan tim pemulangan pemda yg melakukan penjemputan,” imbuh Sunarti.

Sunarti berharap agar para Eks-Gafatar mau menaati nilai dan norma yang berlaku di daerahnya nanti dan masyarakat ataupun keluarga mau menerima mereka kembali. (JJ2)

Be the first to comment on "Kemensos Lakukan Penyuluhan untuk Eks-Gafatar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*