PDAM Tirta Bhagasasi Resmi Berpisah Kepemilikan

image

Bekasimedia- Mulai tanggal 28 Desember 2015, status kepemilikan PDAM Tirta Bhagasasi resmi berpindah/berpisah kepemilikan. Kini Pemkot Bekasi memiliki jaringan dan pelanggan Tirta Bhagasasi yang ada di wilayah Kota Bekasi sedangkan Pemkab Bekasi hanya pelanggan dan jaringan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

Kesepakatan ini adalah hasil pertemuan antara Wakil Bupati Bekasi, Rohim Mintareja dan Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu pada Senin (28/12) di kantor BPKP Provinsi Jawa Barat, Bandung. Penandatanganan pengakhiran surat kerjasama ini difasilitasi oleh pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat.

“Penandatangan pengakhiran surat perjanjian kerjasama sudah dilakukan di Kantor BPKP Jawa Barat di Bandung,” ujar Rayendra Sukarmayadi, Sekda Kota Bekasi seperti dilansir dari bekasikota.go.id.

Dalam penandatanganan itu juga nantinya akan dibuat nota kesepahaman soal hak dan kewajiban masing-masing pemilik perusahaan daerah itu.

Dua daerah yang sejak belasan tahun lalu menjadi pemilik PDAM akan habis masa hubungan kerja, kepemilikan saham serta kemungkinan tenaga kerja yang jumlahnya ratusan.

Sementara untuk menghitung aset perusahan, Walikota Bekasi sudah membentuk tim khusus yang bertugas menghitung aset Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi.

Penghitungan aset tersebut merupakan bagian dari pelepasan saham atas PDAM Tirta Bhagasasi yang sebelumnya dimiliki bersama oleh Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Setelah penandatanganan tim itu segera bekerja,” kata Rahmat Effendi. Ia mengatakan nantinya Pemkot tidak lagi memasok dana untuk dua perusahaan air bersih.

“Penghitungan aset ini mutlak dilakukan supaya ada gambaran proporsional berapa besar aset PDAM Tirta Bhagasasi di Kota Bekasi yang nantinya harus diserahkan ke Pemkab Bekasi,” imbuhnya.

Aset PDAM Tirta Bhagasasi yang harus diperhitungkan selain gedung-gedung kantor pusat dan cabang, tentunya yang berupa instalasi pengolahan air juga jaringan pipa-pipa distribusi.

“Jika sudah ketahuan nilainya, nanti penggantian bisa dilakukan dengan penukaran aset Pemkot Bekasi atau jika kami harus membayarnya pun, kami siap asalkan dijadwalkan dalam periode waktu tertentu,” katanya. (*)

Gambar: tirtabhagasasi.co.id

Be the first to comment on "PDAM Tirta Bhagasasi Resmi Berpisah Kepemilikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*