Parah! Banyak Pendaki Membuat Gunung Sampah diatas Gunung

image

Bekasimedia – Mendaki gunung merupakan hobi yang sedang banyak digemari saat ini. Siapa yang tidak tergiur dengan panorama cakrawala dari puncaknya, apalagi dapat berdiri “di atas awan” disuguhi pemandangan yang menakjubkan, luas hamparan bunga edelweis,  juga dapat melihat matahari yang terbit dari peraduan di awal pagi.

Sayangnya, keindahan gunung ternodai oleh pendaki yang memunyai sifat tidak peduli dan tidak punya rasa tanggung jawab menjaga alam dengan semestinya.

Keindahan alam gunung merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga, bukan menjadi tempat sampah baru bagi pendaki. Botol minuman, bekas kaleng makanan siap saji kini menjadi pemandangan baru di samping keindahan alami gunung yang didaki. Tumpukan sampah di atas puncak gunung, seorang pendaki harusnya berinisiatif  membawa kembali sampah dengan menggunakan trash bag dan dibuang saat kembali atau di pos pengumpulan sampah.

Sejumlah pecinta alam pun berinisiatif  menanggulangi masalah tersebut dengan mendirikan komunitas khusus. Komunitas ini diberi nama “Trashbag Community”. Mereka lahir sebagai jawaban atas kegiatan travelling naik gunung yang makin marak, namun tidak diimbangi dengan kesadaran membuang sampah dengan benar.

Jadi, bagi Anda para pendaki marilah sadar akan kondisi lingkungan. Jangan sampai kegiatan di alam bebas terganggu dengan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Bagi Anda para pendaki, bijaklah dan mari ikut serta melestarikan dan menjaga keindahan paranoma cakrawala di atas gunung. (CJ1)

Sumber gambar: www.wisatagunung.com

Be the first to comment on "Parah! Banyak Pendaki Membuat Gunung Sampah diatas Gunung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*