GJ 1132b: Planet Baru Mirip Bumi, dengan Permukaan Seperti Neraka

Planet-spt-bumi

Bekasimedia – Sebuah planet baru mirip bumi berhasil ditemukan di luar sistem matahari (Alien atau ekstrasurya).

Planet yang diberi nama GJ 1132b ini ditemukan oleh Zachory Berta-Thompson dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) bersama para rekanya.

Planet ini ditemukan lewat pengamatan deretan 40 teleskop MEarth-South yang ditempatkan di Observatorium Cerro- Tololointer-American di Chile.

Selain itu, planet ini hanya berjarak 39 tahun dari bumi, jarak yang terbilang cukup dekat dalam skala astronomi.
“Galaksi kita mencakup sekitar 100.000 tahun cahaya, jadi jelas ini merupakan bintang yang sangat dekat,” Kata Zachory dilansir dari Space.com pada
(11/11).

Namun, planet ini tetap tidak dapat dihuni karena suhu permukaanya yang panas seperti neraka, planet yang mempunyai komposisi massa, dan ukuran mirip bumi ini memiliki suhu permukaan 232 derajat celcius.
“Suhu tersebut adalah suhu maksimal yang bisa dicapai sebuah oven. Jadi jelas, itu adalah dunia yang sangat memanggang,” kata Bertha-Thompson dikutip Usa Today (11/11).

Meskipun temperaturnya tinggi, planet yang berukuran 1,2 kali ukuran bumi ini hanya mengitari induknya dalam 1,6 hari. Yang artinya, 1 tahun di sana hanya 1.6 hari di bumi.

Uniknya lagi planet ini memiliki atmosfer yang diprediksi mirip dengan komposisi atmosfer yang ada di bumi. Fakta itu menunjukkan, bahwa GJ 1132b adalah planet yang langka.

Di samping itu, jarak yang cukup dekat memudahkan para peneliti untuk melakukan pengamatan lanjutan dengan menggunakan Teleskop Hubble dan Teleskop Spitzer untuk mempelajari planet tesebut. Para astronom juga berharap dapat mempelajari keberadaan GJ 1132b dengan teleskop masa depan seperti Giant Magellan Telescop dan James Webb Space Telescope. (CJ2)

Sumber gambar : sci-news.com

Be the first to comment on "GJ 1132b: Planet Baru Mirip Bumi, dengan Permukaan Seperti Neraka"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*