Demokrat Desak KPK Periksa Surya Paloh

S.Paloh

Bekasimedia – Pasca KPK menetapkan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella menjadi tersangka, Partai Demokrat melalui Jubir sekaligus salah satu ketuanya, Kastorius Sinaga mengeluarkan pernyataan keras meminta KPK segera memeriksa Suryo Paloh, Ketum Partai Nasdem.

“Mengapa?” kata Kastorius, “Ini demi hukum untuk mengusut aktor utama kasus ini hingga ke akar-akarnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima bekasimedia, (16/10/15).

Menurutnya, bila KPK hanya berhenti di Patrice Rio Capela publik akan menilai bahwa KPK tebang pilih dan tidak berani mengusut kasus ini hingga ke level lebih tinggi. Apalagi dalam berbagai kesaksian nama Surya Paloh disebut turut dalam berbagai pertemuan.

Kasus ini menjadi momentum bagi KPK untuk menunjukkan
komitmennya memberantas korupsi tanpa memandang figur
atau posisi yang terlibat. Publik pun sudah mengetahui bahwa
Surya Paloh merupakan figur ketum partai yg saat ini
berkuasa dan punya pengaruh terhadap hukum dan politik di
Indonesia sehubungan dengan kadernya yang menjabat di
kementerian dan Jaksa agung.

“KPK harus mengembangkan kasus ini hingga ke Surya aloh agar hukum di mata masyarakat tidak hanya tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas,” ujarnya.

Kastorius menambahkan, penetapan tersangka atas patrice membuktikan bahwa parpol berikut jejaring politiknya masih arena rawan praktik korupsi.

“Hanya hukumlah yang menjadi tumpuan harapan masyarakat
untuk membersihkan praktik kotor tersebut. karenanya KPK
harus berani untuk mengusut tuntas aktor politik termasuk
Surya Paloh selaku ketua nasdem,” imbuhnya.

Terakhir, Kastorius mencermati jalannya kasus ini, hubungan politik dan revisi UU KPK, “di kasus ini dipertaruhkan apakah hukum tunduk pada politik atau tidak. Lewat kasus ini, masyarakat sangat menunggu rasa keadilan dan harapan yang tinggi akan tegaknya hukum di negara ini. Apalagi di saat sekarang ini, ada upaya-upaya politik yang ingin menghancurkan KPK lewat revisi UU KPK, dengan kasus ini KPK harus membuktikan bahwa pemberantasan
korupsi masih relevan bagi kepentingan bangsa,” pungkas Kastorius. (*/eas)

Be the first to comment on "Demokrat Desak KPK Periksa Surya Paloh"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*