Mengenal Lebih Jauh Soal 3D Touch Pada iPhone 6

i phone 3 d touch

Bekasimedia – Apple membekali iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dengan sebuah teknologi baru yang disebut 3D Touch. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu, bagaimana cara kerjanya dan apa bedanya dengan Multi-Touch? Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda mengenal lebih jauh teknologi ini.

Mengutip dari gadget-id.com, 3D touch adalah fungsionalitas berbasis sentuh terbaru yang pertama muncul di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Ia bekerja di layar utama untuk memberi pengguna jalan pintas (shortcut) ke hal-hal yang sering Anda akses.

“3D Touch adalah generasi berikutnya dari Multi-Touch,” kata Jony Ive.

Gestur-gestur yang sebagian besar orang gunakan pada iPhone adalah ketuk (tap), swipe (usap/geser), dan cubit (pinch). 3D Touch menghadirkan gestur baru yang dinamai Peek dan Pop. Kedua gestur ini memungkinkan Anda mengintip menu dari ikon aplikasi di layar utama (Quick Actions) sehingga Anda dapat memilih akses cepat ke fitur yang sering Anda gunakan dari aplikasi tersebut.

Display iPhone yang telah dilengkapi 3D Touch memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi. Ia dapat mengenali tekanan yang diaplikasikan jari pengguna pada layar untuk menampilkan tindakan-tindakan tertentu. Tekan layar dengan halus maka Anda bisa melihat sebuah pratinjau (Peek) dari konten tanpa mengaksesnya secara langsung. Tekan lebih keras untuk masuk ke dalam aplikasi (Pop).

Teknologi ini dimungkinkan oleh sensor-sensor kapasitatif yang diintegrasi di belakang display backlight HD Retina iPhone. Sensor-sensor itu dapat mengukur perubahan sekecil apa pun dari tekanan pada layar dan backlight.

3D Touch pun didukung oleh sebuah komponen yang disebut dengan Taptic Engine yang dapat memdeteksi lama ketukan yang diaplikasikan jari pengguna pada layar. Jony Ive membedakan dua jenis ketukan berdasarkan lamanya: Mini Tap yang berlangsung 10 milidetik dan Full Tap yang berlangsung 15 milidetik atau lebih.

Mini Tap digunakan pada layar utama untuk membuka aplikasi, sementara Full Tap pada ikon aplikasi akan menawarkan jalan pintas ke menu-menu aplikasi itu. Dengan melakukan Full Tap pada ikon aplikasi Mail, Anda akan melihat Inbox, VIP, Search dan New Message. Melakukan Full Tap pada Camera akan memunculkan opsi untuk mengambil selfie langsung dari kamera depan. (LHA)

Be the first to comment on "Mengenal Lebih Jauh Soal 3D Touch Pada iPhone 6"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*