IPB Gelar Pasar Rakyat Tani 2015

image

Bekasimedia – Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Acara Pasar Rakyat Tani 2015 pada hari Minggu (6/9/15) di Kampus Pasca Sarjana IPB, Baranangsiang. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Ulang tahun, Dies Natalis IPB ke-52 yang diisi oleh 40 Petani asal Bogor dan luar Bogor.

“Acara ini merupakan acara ketiga kalinya yang diadakan oleh Event Organizer Agrososio yang bergerak di bidang pertanian yang mempunyai proyek farmer market lalu kita memanfaatkan momentum Dies Natalis dan bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB),” ujar Shabrina Ketua pelaksana Pasar Rakyat Tani.

Shabrina adalah salah satu mahasiswa Kedokteran Hewan. Ia menyatakan bahwa acara ini sudah dimulai sejak Oktober 2014 dengan 17 stand, “namun kita evaluasi dan kita buat lagi farmer market pasar rakyat tani dari 17 menjadi 40 stand lalu itu diadakan pada bulan maret 2015, kemudian kita diskusi evaluasi bagaimana kita mencapai target lebih banyak lagi dan alhamdulilah saat ini kita membuka 60 stand dengan petani,” ujar Shabrina kemudian.

Melalui kerjasama dengan petani, even tersebut bermaksud memberitahukan bahwa melalui pasar rakyat tani, mereka, para petani yang bergabung dalam acara ini bisa menjual produk pertaniannya langsung ke konsumen, “mereka bebas menentukan harga, namun harga lebih tinggi daripada harga petani pada umumnya,” ujar Shabrina.

Kegiatan ini bertujuan agar para petani mendapatkan pendapatan yang lebih baik, konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang didapatkan dengan harga sesuai dan selain itu konsumen bisa diskusi dan sebagai peluang pertukaran link.

“Rektor dan Kepala Supervisor Pasar Rakyat Tani berharap acara ini yang nantinya diadakan mingguan, dua tahun sekali dan berharap semoga bisa lebih banyak lagi target,” tutup Shabrina. (ADR)

Be the first to comment on "IPB Gelar Pasar Rakyat Tani 2015"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*