Lagi, Akademi Barcelona La Masia Terkena Sanksi

image

Bekasimedia – Barcelona masih merasakan buntut sanksi FIFA yang dijatuhkan tempo hari. Aturan baru tentang pemain asing membuat Barcelona sangat hati-hati mengurus para pemain muda mereka. Daripada terkena sanksi lebih fatal, dua wonderkid di tim Infantil A (U-14 A) harus diakhiri masa kontraknya.

Sanksi FIFA terhadap Barcelona terjadi karena ada bukti klub Catalan menggunakan pemain asing di bawah umur yang menyalahi aturan. Akibatnya, Barcelona tidak bisa melakukan transfer dalam dua periode, yang berakhir pada Januari 2016. Dan Barcelona yang tidak mau terjatuh di lubang yang sama, bergerak menimbang para pemain muda dari luar negeri yang berpotensi jadi sasaran tembak FIFA.

Fode Fofana (Belanda) dan Matias Lacava (Venezuela), sebenarnya tidak bermasalah ketika main di tim muda Barcelona musim lalu. Namun, Barcelona terpaksa melakukan terminasi kontrak mereka.

Pasalnya, Barcelona berkaca pada kasus Patrice Soussia (Kamerun) dari tim U18 B dan Ben Lederman (Amerika Serikat) dari tim U15A. Keduanya sudah tidak diperkenankan bermain oleh FIFA.

Sebelumnya, Barcelona juga telah kehilangan dua permata asal Korea Selatan, Lee Seung Woo dan Baek Seung Ho. Keduanya sempat dilarang main untuk klub Catalan karena tidak memenuhi syarat pemain di bawah umur yang berasal dari luar negeri.

Meskipun demikian, ketika usia mereka sudah 18 tahun, dimana itu akan terjadi pada musim dingin tahun depan, maka keduanya berhak untuk dimasukkan ke dalam skuad Barcelona.

Adapun syarat-syarat seorang pemain di bawah umur dari luar negeri boleh bermain di sebuah klub Eropa, tergolong berat. Pasalnya, ini berkaitan dengan keluarga mereka, usia sang pemain, dan wilayah tinggal.

Pertama, orang tua sang pemain pindah ke negara tempat klub baru bocah tersebut, bukan karena alasan yang berkaitan dengan sepakbola.

Kedua, transfer dilakukan di teritorial Uni Eropa. Selain itu, pemain yang dibeli haruslah berusia minimal 16 tahun
Ketiga, pemain tinggal dalam jarak tidak lebih dari 50 kilometer dari batas negara (klub). Selain itu, klub barunya (yang berasal dari federasi sepakbola yang berbeda) juga berjarak 50 kilometer dari batas negara tersebut. (frb)

Be the first to comment on "Lagi, Akademi Barcelona La Masia Terkena Sanksi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*