Jelang Piala Presiden, Panitia Keluarkan Regulasi

image

Bekasimedia – Piala Presiden akan segera digulirkan, dengan pertandingan antara Bali United melawan Persija sebagai pembuka pada tanggal 30 Agustus nanti. Turnamen yang diselenggarakan oleh Mahaka Sport and Enterainment ini diikuti oleh 13 klub ISL dan penghuni 3 klub Divisi Utama.

Mahaka pun mengeluarkan beberapa regulasi yang akan diterapkan untuk Piala Presiden nanti, kamis lalu (13/08/15) di Hotel JS Luwansa seperti yang dikutip dari Liga Olahraga, CEO Mahaka Ahsan Abdul Ghani menyatakan bahwa setiap klub akan menerima uang akomodasi selama mengikuti turnamen tersebut, sehingga klub-klub tidak perlu memikirkan masalah dana dan bisa fokus untuk bermain.

Selain itu, tiap klub diperbolehkan memakai jasa pemain baru, asalkan telah mendapatkan surat izin dari klub sebelumnya. Sedangkan untuk pemain asing pihaknya hanya memperbolehkan klub mendaftarkan tiga orang seperti yang ada di ISL.

“Kami akan memberikan uang 100 juta rupiah kepada klub yang sudah mendaftarkan nama-nama pemainnya. Kami juga akan memberi dana 500 juta untuk klub yang sudah sampai di tempat penyelenggaraan untuk melakoni babak fase grup,” ujar Hasani Abdulgani.

CEO Mahaka Sports juga menjelaskan,  ada perubahan besar dalam turnamen Piala Presiden. Salah satunya adalah soal pergantian pemain. Apabila dalam pertandingan “normal”, pergantian pemain boleh dilakukan hingga tiga kali (tiga pemain), khusus di Piala Presiden ini regulasi itu tidak berlaku.

“Akan ada enam pergantian pemain dalam tiap pertandingan, berbeda dengan biasanya yang cuma tiga,” sambung Hasani.

Terkait wasit, Mahaka Sports juga menjanjikan akan ada pengawalan ketat terhadap kinerja sang pengadil lapangan dalam tiap pertandingan. Wasit pun baru akan diumumkan sepuluh menit sebelum laga digelar, dan tiap tindak-tanduk wasit akan direkam dengan jelas. Tiap pemain pun diminta untuk menghormati keputusan wasit.

“Untuk wasit kami akan undi sepuluh menit sebelum pertandingan, jadi klub yang akan bermain pun tidak akan tahu. Ini juga untuk mengantisipasi sesuatu yang tak diinginkan,” jelas Hasani.

“Kami juga meminta untuk klub, agar menghormati keputusan wasit. Jangan ada aksi protes berlebihan apalagi sampai bentrok. Jika mereka tidak menjalani aturan, tentu kami akan kenakan denda,” pungkasnya.

Mahaka Sport and Enterainment ini diketahui dimiliki juga oleh Erick Thohir seorang pengusaha yang juga pemilik Persib dan klub Italia, Internazionale, mengenai Piala Presiden pun ia sudah langsung menemui Presiden Jokowi pada tanggal 7 Agustus 2015 lalu bersama Menpora Imam Nahrawi. (frb)

Be the first to comment on "Jelang Piala Presiden, Panitia Keluarkan Regulasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*