Bekasi Pamerkan Tari Topeng dan Batik di Pesta Rakyat HUT Jawa Barat ke-70

image

Bekasimedia – Provinsi Jawa Barat memasuki usia ke-70. Tahun ini. Dalam rangkaian acara Road Show Pesta Rakyat “De Syukron” di halaman Badan koordinasi Pemerintah dan Pembangunan (Bakorpembang) Wilayah II Purwakarta pada Kamis, (6/8/15), Kota Bekasi berkesempatan menunjukkan kesenian dan budaya khasnya. Kesenian Tari Topeng dan Batik.

Wilayah II ini sendiri terdiri dari Pemerintah daerah yang tergabung seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, kabupaten Karawang, Kapubaten Purwakarta dan Kabupaten Subang.

Adapun tari yang dibawakan bernama tari topeng “Uncul Ujungan” yang dibawakan sanggar Purwakencana di bawah binaan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Porbudpar) Kota Bekasi. Seni ujungan merupakan jenis ketangkasan bela diri yang di dalamnya terdapat perpaduan tiga jenis seni yaitu seni musik (Sampyong), seni tari-silat (Uncul), dan seni bela diri tongkat (ujungan).

Budaya lainnya yang ditampilkan di Road Show Pesta Rakyat tersebut  yaitu batik khas Kota Bekasi dari produk Kombas Batik Kota Bekasi. Kombas Batik ditampilkan dalam bazar ekonomi kreatif. Kombes Batik berada di bawah binaan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bekasi. Batik khas Bekasi sendiri memiliki banyak motif dan bertema. Seperti bambu runcing bertema perjuangan hingga motif ikan lele.

“Gelaran rutin ini mempromosikan Budaya Jawa Barat yang terdiri dari 27 Kota/ Kabupaten yang ada. Dalam setahun kita ingin tiap bulan kota-kabupaten menggelar kegiatan ini,” harap Wagub Jawa Barat, Deddy Mizwar seperti dilansir website resmi Pemkot Bekasi,bekasikota.go.id.

Provinsi Jawa Barat lahir tanggal 19 Agustus 1945 dan menurut Deddy,  De Syukron sudah ditetapkan sebagai perayaan hari lahir Jabar sejak 2011. Tahun 2015 ini De Syukron digelar untuk kelima kalinya. (*/anr)

Be the first to comment on "Bekasi Pamerkan Tari Topeng dan Batik di Pesta Rakyat HUT Jawa Barat ke-70"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*