Fitur Terbaru Twitter, Sajikan Layanan Berita Utama

image

Bekasimedia – Selasa kemarin (4/8/2015), Twitter mulai memasang fitur pemberitaan pada layanannya. Bertajuk “Trending News”, fitur ini masih dalam tahap eksperimen.

Tujuannya sederhana, yakni untuk memudahkan pengguna mencari konten berita paling penting dalam setiap waktu. Dilansir dari Buzzfeed, saat membuka Trending News, pengguna akan dijejali berita utama dari berbagai media ternama.

Segera setelah mengklik berita utama, pengguna bakal dibawa ke layar lain yang memajang gambar berita, lead berita, dan beberapa komentar pengguna. Ada pula tautan untuk mengakses berita selengkapnya.

Sepertinya, fitur teranyar ini merupakan rangkaian dari rencana Twitter menggodok Project Lightning, yakni proyek kurasi kicauan yang diambil dari peristiwa-peristiwa langsung atau real-time.

Twitter pertama kali mengutarakan tentang Project Lightning pada awal 2015. Sebaliknya, Twitter tak pernah mengungkapkan niat membuat fitur Trending News.

Namun, secara garis besar, Project Lightning dan Trending News memiliki mekanisme dan tujuan serupa. Bedanya, Project Lightning lebih menekankan para berita real-time yang disajikan semua pengguna di seluruh dunia.

Dengan kata lain, Project Lightning merupakan pengembangan dari konsep jurnalisme warga (citizen journalism). Project Lightning juga mengakomodasi penggalian berita mendalam dengan lebih mudah.

Hingga saat ini, belum jelas kapan Project Lightning akan resmi diluncurkan. Yang jelas, Trending News menyajikan hal yang lebih dikenal kalangan masyarakat umum, yakni headline berita.

Saat ini, uji coba Trending News masih berkutat di wilayah Amerika Serikat. Hanya beberapa pengguna yang beruntung yang sudah bisa menjajal fitur termutakhir ini.

“Kami bereksperimen dengan fitur berita pada iOS dan Android sembari terus mencari cara untuk memberikan konten terbaik untuk para pengguna,” kata juru bicara Twitter. (frb)

Be the first to comment on "Fitur Terbaru Twitter, Sajikan Layanan Berita Utama"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*