PON XIX 2016, Jabar Kembali Jadi Tuan Rumah Setelah 54 Tahun

cdm meeting

Bekasimedia – Dalam Chef De Mission (CdM) Meeting, pada Kamis malam (30/7/15) di Amantapura Grand Ballroom, Grand Royal Panghegar Hotel & Convention, Jl. Merdeka Kota Bandung, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman mengatakan bahwa Jawa Barat akan menjadi tuan rumah PON yang kedua kalinya setelah tahun 1961 atau 54 tahun lalu menjadi tuan rumah PON V.

Tono pun berharap penyelenggaraan PON XIX akan membawa keberhasilan bagi atlet Indonesia untuk berlaga di ajang Asian Games XVIII Tahun 2018 yang akan digelar di Indonesia.

“Bila tahun 1961 diselenggarakan PON kelima adalah satu tahun menjelang Asian Games kedua tahun 1962 yang sekaligus sebagai ajang selekasi atlet untuk diterjunkan pada multievent olahraga Asia tersebut dan berhasil menduduki peringkat kedua dalam perolehan medali emas,” ujar Tono.

“Sementara PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat ini juga menjelang kita menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-18 tahun 2018 yang diharapkan hasil dari PON ke-19 juga membawa keberhasilan kita semua sebagai tuan rumah Asian Games yang nantinya akan diselenggarakan di Indonesia tahun 2018,” tambah Tono dalam sambutannya.

PON XIX dan Peparnas XV Tahun 2016 Jawa Barat, merupakan PON dan Peparnas terbesar dibanding penyelenggaraan sebelumnya, dengan mempertandingkan 44 cabang olahraga ditambah 10 cabor eksibisi, 775 nomor pertandingan yang diikuti oleh hampir 13.000 atlet dan official. Sedangkan Peparnas XV akan mempertandingkan 13 cabang olahraga, 620 nomor pertandingan yang diikuti 320 atlet dan official.

Selain Gubernur Jawa Barat, pembukaan CdM Meeting tersebut turut dihadiri pula oleh Deputi Prestasi Kementerian Pemuda & Olahraga RI, Ketua Umum NPCI Pusat, Wakil Gubernur Jawa Barat, Plt. Sekda Jawa Barat, perwakilan BPKP RI, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Jawa Barat, Kepala BPKP Jawa Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sulawesi Barat, serta perwakilan Gubernur seluruh Indonesia, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jawa Barat, Jajaran PB PON XIX & Peparpenas XV Tahun 2016 Jawa Barat, para Bupati/Walikota di Jawa Barat selaku Ketua Sub PB PON XIX dan Peparnas XV Kabupaten/Kota, para Ketua KONI Provinsi & Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, para Ketua NPCI se-Indonesia, Ketua dan Calon Ketua Kontingen dari 34 Provinsi.

Selain itu, hadir pula para atlet berprestai asal Jawa Barat dan legenda atlet nasional Ivana Lie & Robby Darwis. Acara yang dipandu oleh Tina Talisa dan Farhan ini pun semakin meriah dengan penampilan dari diva Indonesia, Vina Panduwinata. (*/eas)

Be the first to comment on "PON XIX 2016, Jabar Kembali Jadi Tuan Rumah Setelah 54 Tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*