Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Masa Orientasi Siswa

image

Bekasimedia – Tahun ajaran baru kembali tiba. Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali digelar. MOS yang terkadang melampaui batas mendapat sorotan dari berbagai pihak, Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan, Anies Baswedan membuka layanan pengaduan, sementara itu Mabes Polri juga mengeluarkan imbauan agar MOS tidak jadi ajang kekerasan.

Bekasimedia pada Rabu (29/7/15) mencoba mengumpulkan pendapat dari para orang tua/wali murid warga Bekasi perihal yang harus dilakukan pada saat MOS. Berikut ini, pendapat beberapa warga yang berhasil dihimpun;

“Periksa isi tas anak saat pulang sekolah,” (Anida Fitria – Guru SDIT Insan Rabbani Bekasi Barat)

“Pastikan tugas yang diberikan pada anak mendidik,” (Ira – Pecinta anak autis, tinggal di Jatiasih)

“Orang tua harus berkomunikasi dengan pihak
sekolah, jika ada tugas MOS yang berlebihan,” (Nugroho – PNS, tinggal di Bantargebang)

“Ayah, ambilah cuti saat anakmu ikut MOS. 1 atau 2 hari. Antar anakmu ke sekolah agar engkau kenal juga dengan guru anakmu!” (Raifa Putri – Ibu 2 anak, tinggal di Bekasi Barat)

“Cobalah antar anak ke sekolah naik sepeda untuk mengurangi kemacetan,” (Eko – Bikepacker Bekasi)

“Belajar dewasakan anak kita, MOS suatu tahapan sederhana yang harus dijalani dengan yang terbaik, menyenangkan dan mandiri,” (Joko-wiraswasta, Medansatria)

“Tanyakan anakmu, apakah di sekolah jadi korban bully?” (Masud – Guru bimbingan belajar, Cikarang)

“Biasakan ngobrol dengan anak, ceritakan bagaimana dulu saat kita MOS,” (Ari – Buruh Pabrik bagian Maintenance di Cileungsi)

“Tanya ke panitia, apa gunanya tugas membawa barang makanan dengan nama-nama aneh seperti; Coklat Rihana (coklat payung) dan lain-lain. Tanyakan juga apa kaitannya hal itu fengan kegiatan akademik dan prestasi di sekolah?” (Priyonggo – Pengantin baru, tinggal di Bekasi Utara)

“Ada 3 hal yang harus diperhatikan orang tua saat tahun ajaran baru. Pertama, Kenyamanan. Anak merasa nyaman dimanapun ia berada baik di rumah, di sekolah dan juga di masyarakat. Kedua, perhatian. kita sebagai orang tua harus penuh perhatian terhadap anak. Ketiga, komunikasi. Kita sebagai orang tua harus komunikasi yang sinkron dengan anak,” (Bahrudin – Ayah dari anak penghafal Quran, Jakasampurna Bekasi Barat).

Be the first to comment on "Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Masa Orientasi Siswa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*