Sambangi Jati Asih, Aher Gelar Open House di Rumah Mertua

image

Bekasimedia – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menggelar Open House di kediaman Orang Tua Istrinya, Netty Prasetiyani di Kelurahan Jati Mekar, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi pada minggu (19/7/15) pagi. Turut hadir pada kesempatan halal bi halal, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bekasi Daddy Kusraidy, Lurah Jati Mekar Ferdinan, ketua RW dan sesepuh setempat.

Kang Aher sapaan akrabnya menuturkan lewat tradisi halal bihalal ini sebagai ummat muslim mesti bersyukur, ditengah gejolak ekonomi Indonesia yang sedang anjlok masih diberi kesempatan tersenyum berkumpul bersama keluarga.

“Alhamdulillah di negeri kita ada tradisi baik bertemu bermaaf-maafan saling jabat tangan, kangen-kangenan, termasuk pulang kampung. Kalau dibandingkan di timur tengah memang jelas berbeda. Kalau di Mekah lepas shalat Idul Fitri sepi, mereka pulang ke rumah masing-masing dan tidur,” ujar Aher.

Dirinya bercerita tradisi halal bi halal ini merupakan tradisi yang bagus dan perlu dilestarikan. Awal muasal tradisi ini sebelum berkembang, mulai dimunculkan pada era pemerintahan Bung Karno, adalah para ulama yang  mengusulkan silaturahmi selepas bulan Ramadhan guna meredakan panasnya politik pada masa itu.

“Ternyata di zaman Bung Karno sering kali ada pergantian kabinet dan pertengkaran politik. Bung Karno kemudian memanggil ulama. Kemudian ada usulan meredakan politik kebetulan momen-nya Idul Fitri kemudian kumpul bersama dinamakannya halal bi halal,” jelas Aher.

Aher berharap tradisi halal bi halal yang baik ini terus berjalan sehingga terus terjalin tali silaturahim antara pemimpin dan warganya, “kalau sudah baik tradisi ini maka dijalankan. Karena kebiasaan yang baik bisa menjadi hukum yang berlaku yang tidak melanggar syariah,” harap Ahmad Heryawan. (yp)

Be the first to comment on "Sambangi Jati Asih, Aher Gelar Open House di Rumah Mertua"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*